Berbagai Jenis Angklung Banyuwangi: Angklung Tetak

0 119

Berbagai Jenis Angklung Banyuwangi: Angklung Tetak

Meski mungkin belum sama terkenalnya dengan Bali-nya Indonesia, kekayaan seni budaya Banyuwangi yang terletak di ujung paling timur Pulau Jawa sudah sangat banyak menjadi pembicaraan baik oleh pengunjung lokal dan mancanegara. Dari macam-macam seni budaya Banyuwangi, umumnya yang populer adalah beragam tarian tradisionalnya. Namun hal ini tidak lantas berarti kekayaan seni budaya Banyuwangi lainnya tidak mendapat perhatian.

Angklung merupakan alat musik khas yang terbuat dari bamboo dan menandakan kekayaan seni budaya Banyuwangi. Pertunjukan angklung dibawakan oleh dua belas sampai empat belas orang. Seni budaya di Banyuwangi mengenal empat jenis angklung, yaitu:

Angklung Tetak. “Tetak” bermakna “berjaga di malam hari.” Inspirasi untuk angklung tetak datang dari alat kentongan yang dipakai untuk berjaga. Angklung ini mulai terkenal dan member kontribusi pada kekayaan seni budaya Banyuwangi di tahun 1950 dan berkembang di Kampung Glagah. Angklung tetak mulai disempurnakan di tahun 1974 untuk menghasilkan nada yang lebih jernih.

Source http://sman1glagah.com/ http://sman1glagah.com/2343/kekayaan-seni-budaya-banyuwangi-ikut-meramaikan-pentas-dunia/
Comments
Loading...