Bentuk Rumah Adat di Garut, Jawa Barat

0 136

Garut ini merupakan suatu daerah yang kita kenal bersuku sunda atau kelompok etnis dari bagian barat pulau Jawa. Penting sekali bagi kita nih untuk mengetahui atau mengenal suku budaya yang beraneka ragam di Indonesia sebagai bentuk cinta tanah air. Menurut survey, suku sunda merupakan etnis terbesar kedua di Indonesia. Dalam posting kali ini aku akan membahas tentang rumah adat Garut Jawa Barat atau dapat di bilang rumah adat Suku Sunda.

Secara tradisional rumah adat Garut ( jawa barat ) atau Sunda memiliki bentuk rumah panggung dengan ketinggian sekitar 0,5 m sampai 1 meter di atas permukaan tanah. Namun teman-teman, untuk rumah-rumah adat di Garut (jawa barat ) yang sudah tua, tinggi kolongnya dapat mencapai 1,8 meter. Biasanya kolong tersebut digunakan untuk menyimpan alat-alat pertanian seperti bajak, garu, cangkul, dan sebagainya atau tempat mengikat binatang ternak seperti sapi, kuda dan kambing. Tangga yang digunakan untuk naik ke dalam rumah disebut Golodog yang dibuat dari bahan kayu atau bambu, biasanya terdiri dari tiga anak tangga. Golodog ini juga berfungsi untuk membersihkan kaki yang kotor sebelum naik atau masuk ke dalam rumah.

Via http://lismyannisadiani.blogspot.co.id/2016/11/sekarang-aku-akan-membahas-tentang.html http://lismyannisadiani.blogspot.co.id
Comments
Loading...