Fungsi Bentuk Panggung Sangga Buwana

0 253

Bentuk Panggung Sangga Buwana

Segi delapan atau hasta walu dalam istilah Jawa adalah bentuk fisik dari Panggung Sangga Buwana. Bentuk segi delapan itu diartikan sebagai hasta brata yang menurut filosofi orang Jawa adalah sifat kepemimpinan, jadi diharapkan setiap pemimpin mempunyai sifat yang demikian.

Selalu berorientasi pada alam karena dengan alam mereka dapat menikmati hidup dan merasakan komunikasi batin manusia dengan Sang Pencipta itu merupakan Filsafat dari Jawa. Orang Jawa juga mempercayai, bahwa bangunan yang tidak menghiraukan alam lingkungan maka bangunan tersebut akan jauh dari situasi manusiawi.

Ajaran hasta brata atau delapan laku yang merupakan ajaran kepemimpinan bagi setiap manusia. Dari ajaran tersebut diharapkan setiap pemimpin mempunyai sifat-sifat seperti watak kedelapan unsur alam yaitu:

1.Matahari yang diartikan sebagai seorang pemimpin harus dapat menjadi sumber hidup orang lain. Selain itu juga harus bisa menerangi dan berguna bagi orang lainnya.

2.Bulan mengartikan penerangan dalam kegelapan.

3.Bintang sebagai petunjuk bagi semua orang.

4.Bumi yang memiliki maksud seorang pemimpin yang baik harus kuat menerima beban hidup yang diterimanya. Sehingga tidak boleh ada kata mengeluh.

5.Mendhung diharapkan sebagai pemimpin tidak mempunyai sifat yang tidak pilih kasih.

6.Api yang berarti mematangkan yang mentah, bisa mempersiapkan segala sesuatu dengan matang dan baik.

7.Samodra atau Air dimaksudkan bahwa pemimpin harus dapat memahami segala kebaikan dan keburukan.

8.Angin yang apabila berada di manapun juga harus dapat membawa kesejukkan. Bisa menenangkan segala amarah yang timbul atau yang sedang terjadi.

Seorang pemimpin yang dihormati oleh rakyatnya karena rakyat mengharapkan dengan hadirnya pemimpin yang mempunyai sifat demikian maka mereka pasti akan hidup rukun, tentram dan damai sejahtera. Tidak ada pertikaian dan masalah yang memicu adanya suatu konflik.

Source Bentuk Panggung Sangga Buwana gudangbertuah.com
Comments
Loading...