Bentengan, Permainan Tradisional Jawa Barat

0 413

Bentengan

Salah satu permainan anak-anak zaman dahulu yang sering dimainkan ialah Bentengan. Tempat yang biasanya digunakan untuk melakukan permainan ini adalah di lapangan. Minimal yang mengikuti permainan tersebut adalah 6 orang anak. Perkiraan luas lapangan minimal 10 x 5 meter. Semakin luas akan membuat anak-anak leluasa bermain secara ramai dan bergembira.

Manfaat Permainan Bentengan :

1.Permainan ini dapat melatih gerak badan pemain.

2.Untuk melatih stamina.

3.Menumbuhkan kerjasama diantara teman.

4.Memupuk jiwa sportivitas yang tinggi untuk mengakui kekalahan, dan meningkatkan kesegaran jasmani.

Hal- Hal Tentang Permainan Bentengan :

  • Waktu Permainan

Pada permainan ini tidak diperlukan waktu yang khusus. Artinya berakhirnya permainan ini tidak ditentukan oleh waktu, melainkan dalam satu set permainan ini ditetukan ketika salah satu regu dapat menyentuh benteng lawan.

  • Penentuan Kalah atau Menang

Dengan mematikan atau membunuh anggota benteng. Ketika semua anggota atau penjaga benteng sudah habis, kita bisa merebut benteng dengan menyentuh benteng tersebut. Intinya jika kita sudah menyentuh benteng lawan, walaupun dengan tidak membunuh penjaga benteng, berarti tim yang dapat menyentuh benteng menjadi pemenang.

  • Aturan Permainan

1. Siapa yang lebih awal keluar dari benteng. Jika salah satu lawan keluar dari benteng, maka penjaga benteng yang satu harus berhadapan dan berusaha untuk mematikan pemain lawan.

2. Sedangkan pemain yang keluar dari benteng pertama selamat dari lawan, dapat dibantu dengan pemain kedua yang keluar dari benteng dan melawan pemain yang ingin mengalahkan rekan kita sebelumnya begitu seterusnya.

3. Masing – masing anggota mempunyai tugas seperti penyerang, mata-mata, pengganggu, dan penjaga benteng. Dan juga dibutuhkan strategi dan kekuatan yang besar dan kuat.

4. Apabila pemain yang keluar dari benteng lebih awal kalah jumlah dari pemain lawan, pemain tersebut bisa kembali ke benteng agar selamat. Dengan menyentuh benteng kita sendiri, kita akan selamat dari serangan lawan.

Syarat dalam permainan Bentengan untuk dapat mematikan penjaga benteng lawan adalah dengan menyentuh pemain lawan yang keluar dari bentengnya lebih awal dari kita. Sebisa mungkin, benteng kita tidak di sentuh oleh lawan.

Source Bentengan Permainan Tradisional Jawa Barat neneng komalasari
Comments
Loading...