Bencet, Jam Matahari Tradisional Orang Jawa

0 47

Bencet merupakan “gnomon” atau jam matahari tradisional orang Jawa. Bencet terbuat dari kayu atau bambu setinggi satu meter, yang didirikan tegak dan diatasnya ada bidang datar sebagai titik pusat dari lingkaran lingkaran, yang dibuat pada bidang datar tersebut, yang jarak tepi ,lingkaran satu sama lain sebesar diameter dari alas tongkat tadi, demikian juga antara lingkaran terdalam dengan alas tongkat.


Ada dua garis sejajar arah utara selatan, yg satu melewati pinggir sebelah barat dari alas tongkat, dan yg lainnya melewati pinggir sebelah timur alas tongkat. Belakangan, dengan pengaruh Islam, dari pangkal tongkat tadi digambarkan garis ke arah barat laut, yaitu garis arah kibat. Samar samar disebelah timur bidang datar agak ke pinggir ada garis lengkung dari arah utara, patah ditengah lalu membuat lengkungan lain ke selatan, sehingga bentuknya mirip garis sayap kupu kupu bagian depan.

Bencet merupakan penunjuk waktu tradisional dengan memperhatikan panjang dan arah bayang-bayang yang dibentuk oleh matahari di siang hari.

 

https://budaya-indonesia.org/bencet/

Comments
Loading...