Beksan Bedhaya Endhol Endhol, Tarian Anak Anak

0 33

Beksan Bedhaya Endhol Endhol, Tarian Anak Anak

Beksan Bedhaya Endhol-endhol di Puro Pakualaman ternyata mengambil dari kerajaan lain, yaitu kerajaan Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Tarian ini diciptakan oleh Sunan Pakubuwono (PB) X. Beksan ini khusus ditarikan oleh putra-putri sunan dengan gerak tari yang sederhana. Beksan ini ditampilkan untuk menyambut tamu-tamu keraton atau peristiwa penting lainnya.

Ibunda Sri Pakualam VIII yang berasal dari Surakarta kemudian memperkenalkan beksan ini di lingkungan Pura Pakualaman Yogyakarta. Pada kesempatan pahargyan (peringatan) ulang tahun Tumbuk Ageng 10 Windu Sri Paku Alam VIII, beksan tersebut pernah ditampilkan dan menjadi salah satu persembahan dalam acara tersebut, dengan durasi waktu yang sudah dipadatkan. Beksan ditarikan oleh 9 remaja putri.

Sementara kostum yang biasa dipakai dalam beksan ini, antara lain kain mekak, sampur jamang, sumping, kelat bahu, dan asesoris lainnya. Untuk mengiringi beksan Bedhaya Endhol-endhol dilantunkan sebuah gendhing bernama Gendhing Endhol-endhol. Kostum Bedhaya Endhol-endhol dan asesorisnya bisa dilihat di Museum Puro Pakualaman yang berada di dalam kompleks Kadipaten Puro Pakualaman di sisi timur, yang beralamat di Jalan Sultan Agung Yogyakarta.

Source https://www.tembi.net https://www.tembi.net/2017/03/22/tarian-anak-anak-puro-pakualaman-yogyakarta/
Comments
Loading...