Bedah Balong, Tradisi Unik Warga Garut Sambut Ramadan

0 9

Bedah Balong, Tradisi Unik Warga Garut Sambut Ramadan

Ribuan warga Garut, Jawa Barat dengan antusias mengikuti tradisi ‘Bedah Balong’ di Danau Sampireun, Kecamatan Samarang, Garut, Jawa Barat. Mereka tak risih berlumuran lumpur di sekujur tubuhnya. Warga rela berdesakan menangkap ikan sebanyak mungkin di danau yang sebelumnya sengaja ditabur ikan oleh panitia.

Ia berharap kegiatan seperti ini bisa kembali dihidupkan setiap tahun, sehingga bisa membantu masyarakat. Bupati Garut Rudy Gunawan yang hadir di lokasi kegiatan pun tak ketinggalan ikut berbaur dengan warga yang datang. Orang nomor satu di kota Dodol itu ikut kotor-kotoran dengan lumpur. Hingga baju hitam pangsi khas pakaian sunda serta iket udeng di kepalanya kotor berlumuran lumpur.

Melihat tingginya animo masyarakat yang datang, kata dia, pihaknya akan menjadikan tersebut sebagai tradisi tahunan yang dikemas dalam sebuah agenda kegiatan budaya meriah. Berkembangnya tradisi lokal diharapkan mampu menjadi penggerak ekonomi untuk menyedot animo dari wisatawan yang datang lebih banyak.

Eliana salah satu panitia Bedah Balong mengapresiasi upaya yang akan dilakukan pemerintah Garut tersebut. Menurutnya kegiatan itu sangat berpotensi menarik lebih banyak lagi wisatawan balik lokal atau mancanegara yang datang. Untuk meraih ambisi itu, panitia segera merumuskan agenda kegiatan yang tepat, termasuk melakukan promosi yang lebih gencar untuk menarik wisatawan yang datang.

Source https://www.liputan6.com/ https://www.liputan6.com/regional/read/2959702/bedah-balong-tradisi-unik-warga-garut-sambut-ramadan?source=search
Comments
Loading...