Batu Tujuh, Permainan Tradisional Jawa Barat

0 342

Batu Tujuh, Permainan Tradisional Jawa Barat

Permainan batu tujuh merupakan permainan tradisional Indonesia yang sering dimainkan oleh anak-anak. Permainan ini juga biasa disebut bete tujuh atau tujuh batu pahlawan. Untuk bermain permainan ini dibutuhkan setidaknya 3 pemain. Berikut cara bermain batu tujuh.

1. Menentukan satu pemain yang jaga dengan cara hompimpa atau dengan cara lain.

2. Menyusun tujuh batu secara bertumpuk.

3. Pemain yang tidak jaga memegang masing-masing satu batu.

4. Pemain yang tidak jaga melempar batu yang sudah dipegang tadi ke tumpukan batu.

5. Jika tumpukan batu runtuh maka pemain yang jaga harus secepatnya menyusun kembali batu-batu tersebut sementara pemain yang tidak jaga berlari mencari tempat untuk bersembunyi.

6. Setelah pemain yang jaga menyusun batu, ia harus mencari dan menyentuh serta menjaga tumpukan batu tadi agar tidak diruntuhkan oleh pemain yang tidak jaga. Sementara itu, pemain yang tidak jaga berusaha untuk meruntuhkan kembali tumpukan batu tersebut.

7. Jika pemain yang jaga dapat menyentuh semua pemain yang tidak jaga maka dialah pemenangnya. Namun jika pemain yang tidak jaga berhasil meruntuhkan tumpukan batu tersebut maka merekalah pemenangnya.

Berbeda dengan permainan petak umpet, permainan ini mengharuskan pemain yang hendak mengumpet untuk meruntuhkan batu dan juga waktu untuk pemain yang hendak mengumpat ditentukan dari seberapa cepat pemain yang jaga berhasil menyusun kembali batu-batu yang runtuh sehingga permainan ini membutuhkan ketangkasan dan kelincahan yang lebih, serta akurasi menembak yang baik untuk dapat memenangkan permainan.

Source https://budaya-indonesia.org/Batu-Tujuh/ https://budaya-indonesia.org/Batu-Tujuh/
Comments
Loading...