Batik, Elemen Dekoratif Yang Identik Pada Pernikahan Jawa

0 19

Batik, Elemen Dekoratif Yang Identik Pada Pernikahan Jawa

Agar nuansa pernikahan adat Jawa semakin terasa. Sebaiknya dekorasi pernikahan juga disesuaikan. Dalam pernikahan adat Jawa, elemen dekoratif bisa mengambil inspirasi dari beberapa ornamen khas. Tak jarang elemen dekoratif tersebut menyimpan makna dan filosofis yang baik untuk kedua mempelai.

Meskipun kini dekorator semakin kreatif memberikan sentuhan modern pada dekorasi bernuansa tradisional. namun tetap saja ada beberapa ornamen dekoratif yang identik pada  pernikahan Jawa. Salah satu ornamen dekoratif yang identik pada  pernikahan Jawa yaitu Batik.

Sejak dikukuhkan sebagai warisan budaya oleh UNESCO, pesona batik memang semakin mendunia. Bukan hanya dijadikan sebagai kain bawahan kedua mempelai. Batik juga tak kalah cantik saat diaplikasikan pada dekorasi pernikahan adat Jawa. Anda bisa mengaplikasikan kain batik sebagai taplak meja jamuan atau sentuhan pemanis dekorasi kursi tamu.

Untuk pesta pernikahan, pilih motif yang memiliki makna baik untuk kedua mempelai. Misalnya motif Sido Mulya yang bermakna kemuliaan bagi kedua mempelai atau Sido Asih, motif asal Surakarta yang mengharapkan hidup rumah tangga selalu dipenuhi kasih sayang.

Source http://mahligai-indonesia.com/ http://mahligai-indonesia.com/pernikahan-nusantara/perlengkapan-pernikahan/lima-elemen-dekoratif-yang-identik-pada-pernikahan-jawa-4370

Leave A Reply

Your email address will not be published.