“Bantengan” Kesenian Khas Mojokerto Yang Menyeramkan

0 95

Kesenian Bantengan merupakan sebuah seni tradisional rakyat di Kabupaten Mojokerto. Selanjutnya berkembang menjadi satu seni tradisi yang dikembangkan secara turun temurun oleh masyarakat. Kesenian Bantengan sekarang ini mengalami perkembangan yang begitu pesat di wilayah Kabupaten Mojokerto, khususnya Pacet, sebab kesenian ini diyakini sebagai daerah tempat lahirnya Seni Bantengan ini.

Asal Usul Kesenian Bantengan
Bantengan ini asal mulanya dari seni persilatan yang tumbuh subur di musholla. Kesenian Bantengan ini awalnya untuk beladiri bagi pemuda di mushola, tetapi akhirnya menjadi kegiatan seni untuk merayakan upacara perkawinan, sunatan atau bersih desa. Pencak silat yang pada awalnya diminati oleh masyarakat akhirnya peminatnya menurun karena membosankan dan tidak menarik lagi. Para pendekar mencari alternatif lain agar kesenian itu diminati lagi. Begitu sederhana sekali perjalanan kesenian Bantengan ini. 
Suatu ketika Mbah Siran dari Claket itu menemukan bangkai banteng yang tergeletak di tepi sungai Kromong tepi hutan. Konon kabarnya terjadi karena perkelahian dua ekor banteng. Seekor kalah dan mati menjadi bangkai, kemudian supaya tidak mubazir oleh Mbah Siran bangkai banteng ini diambil khusus kepalanya (tengkoraknya) dibersihkan dan dibawa pulang. Awalnya tengkorak itulah yang langsung diambil untuk dipakai sebagai “topeng” Bantengan untuk melengkapi seni pencak silat dan karena menarik, hanya Bantengan saja yang lestari sampai sekarang. Bantengan yang sekarang tidak memakai gerakan pencak silat. 

Bantengan Sekarang

Untuk melestarikan seni Bantengan, Pemerintah Daerah Kabupaten Mojokerto setiap tahun menggelar festival seni Bantengan. Rata-rata diikuti oleh sekitar 60 kelompok/grup seni bantengan yang berasal dari wilayah Kabupaten Mojokerto. Dalam even ini banyak hadiah yang disediakan termasuk hadiah utama berupa piala bergilir Bupati Mojokerto. Hal ini membuktikan bahwa kesenian Bantengan tumbuh menjadi seni tradisional asli Indonesia yang layak mendapat apresiasi. Kemajuan dan perkembangan kesenian ini tidak lepas dari peran serta masyarakat yang selalu mendukung seni Bantengan. Pemerintah Mojokerto sebagai fasilitator selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk menunjangya. Makin berkembangnya jumlah kelompok seni Bantengan di Kabupaten Mojokerto diharapkan ke depannya mampu menjadi ikon wisata kreatif Kabupaten Mojokerto.

Source "Bantengan" Kesenian Khas Mojokerto Yang Menyeramkan "Bantengan" Kesenian Khas Mojokerto Yang Menyeramkan "Bantengan" Kesenian Khas Mojokerto Yang Menyeramkan
Comments
Loading...