Bancakan Weton Di Surakarta

0 11

Bancakan Weton Di Surakarta

Bancakan weton dilakukan tepat pada hari weton kita lahir (Pon, Wage, Kliwon, Legi, Pahing). Dalam tradisi Jawa, setiap orang sebaiknya dibuatkan bancakan weton minimal sekali dalam seumur hidup, namun lebih baik dilakukan setahun sekali. Menurut adat jawa setiap anak yang baru lahir, orang tuanya membuat bancakan weton pertama kali pada saat usianya menginjak hari ke 35. Anak yang sering dibuatkan bancakan weton secara rutin oleh orangtuanya, biasanya hidupnya lebih terkendali, lebih hati-hati, tidak liar, ceroboh, dan jarang sekali mengalami sial. Menurut kepercayaan orang jawa seorang anak yang sakit-sakitan, sering jatuh, dan nakal, setelah dibuatkan bancakan weton si anak tidak lagi sakit-sakitan, dan tidak nakal lagi.

Bahan – bahan yang diperlukan untuk membuat bancakan weton :

  1. Tujuh Sayuran

Kangkung dan kacang panjang merupakan sayuran yang wajib ada dalam sebuah bancakan weton, untuk selebihnya tidak ada larangan sayuran apa saja, yang penting sayuran berjumlah tujuh.

  1. Telur Ayam

Telur ayam jenis apa saja dengan jumlah 7, 11, atau 17

  1. Bumbu urap

Jika bacakan weton disajikan untuk usia sampai dengan 8 tahun bumbu urapnya tidak pedas, namun apabila disajikan untuk usia lebih dari 8 tahun bumbu urapnya pedas. Bumbu urap terdiri dari parutan kelapa yang agak muda dan dicampur dengan bumbu masak, lalu dibungkus menggunakan daun pisang yang dikukus hingga matang

  1. Empat macam polo-poloan

Polo gumantung (umbi yang tergantung di pohon), polo kependem (umbi yang ada di dalam tanah), polo rambat (umbi yang merambat), kacang- kacangan.

  1. Nasi tumpeng putih

Dalam membuat tumpeng perkiraannya akan cukup untuk 7 porsi, 11 porsi, atau 17 porsi

  1. Jajanan pasar

Terdiri dari makanan tradisional yang biasanya dijajalkan di pasar seperti jadah, wajig, awug, apem, cucur. Dilengkapi juga dengan buah buahan yang ada di pasar seperti salak, rambutan, manggis, mangga, pisang secukupnya

  1. Kembang setaman

Terdiri dari mawar merah, mawar putih, kantil, kenanga, melati.

  1. Bubur 7 rupa

Elemen utamanya adalah bubur merah dan bubur putih, sisanya merupakan pencampuran dari bubur merah dan bubur putih

Source https://budaya-indonesia.org https://budaya-indonesia.org/Bancakan-Weton/
Comments
Loading...