Baju Cak dan Baju Ning Jawa Timur

0 1.856

Baju Cak dan Baju Ning Jawa Timur

Daerah yang ada di sebelah timur Jawa ini memiliki berbagai pakaian yang unik dan menjadi khas di daerah tersebut. Adapun salah satu pakaian yang ada di daerah Jawa Timur adalah Baju Cak dan Baju Ning.
Pakaian adat Jawa Timur Cak digunakan oleh para pria. Adapun deskripsi pakaian ini berupa perpaduan beskap atau jas tutup sebagai atasan, jarik sebagai bawahan, kuku macan sebagai hiasan yang digantung pada saku beskap, sapu tangan merah, dan terompah.

Sementara pakaian adat Jawa Timur Ning dikenakan oleh para wanita. Deskripsi dari pakaian ini berupa perpaduan kebaya sebagai atasan, jarik sebagai bawahan, kerudung dengan renda, dan beragam aksesoris tambahan lainnya seperti anting, selendang, selop, dan gelang. Pakaian ini tampak anggun dikenakan para wanita yang ada di daerah tersebut.

Setiap tahun diadakan sebuah kontes pemilihan bujang gadis yang bernama Kontes Cak dan Ning yang bertempat di Surabaya,Jawa Timur.

Dalam kontes ini, para bujang dan gadis mengenakan pakaian khas Surabaya yang sempat tenar pada tempo dulu dan masih kerap digunakan hingga saat ini dalam acara-acara besar di kantor dan kediaman walikota atau di balai kota. Pakaian ini  biasanya di pakai dan di peragakan secara berpasangan antara wanita dan laki-laki, dan sangat terlihat serasi.

Source Baju Cak dan Baju Ning Jawa Timur adat tradisional
Comments
Loading...