Baju Adat Mantenan Jawa Timur

0 2.448

Baju Adat Mantenan Jawa Timur

Jawa Timur merupakan salah satu provinsi di Pulau Jawa yang letaknya berada paling timur. Secara geografis, provinsi ini juga mencakup pulau Madura yang sebetulnya memiliki budaya yang sedikit berbeda dengan budaya Jawa Timuran.
Pakaian adat Jawa Timur sebetulnya memiliki beberapa kesamaan dengan pakaian adat yang biasa dikenakan orang-orang Jawa Tengah. Kesamaannya ialah :
Pertama, dari segi coraknya. Corak pakaian adat Jawa Tengah yang banyak melambangkan nilai-nilai kesopanan dan tata krama, sangat kontras jika dibanding pakaian adat Jawa Timur yang lebih menonjolkan nilai-nilai ketegasan namun tetap sederhana dan menjunjung tinggi etika.Sesuai dengan namanya, baju ini umumnya hanya dikenakan pada saat resepsi pernikahan adat Jawa Timuran oleh para mempelai.

Baik untuk mempelai laki-laki maupun untuk mempelai wanita, baju mantenan ini memiliki corak warna yang sama.

Kedua, dari segi perlengkapan pakaian yang dipakai. Pakaian adat Jawa Timur dikenakan bersama dengan beberapa aksesoris unik, seperti :

-Penutup kepala (odheng),
-Tongkat (sebum dhungket),
-Arloji rantai,

-Serta kain selendang yang diselempangkan di bahu.

Baju Mantenan
Penggunaan pakaian ini juga dilengkapi dengan penutup kepala dan rangkaian bunga melati yang dikalungkan di leher untuk mempelai pria dan digantungkan pada sanggul untuk mempelai wanitanya.

Menggunakan sabuk emas dan gelang tangan juga dipakai sebagai pelengkap bersama dengan terompah, selendang yang diselempangkan bahu, serta aksesoris tambahan lainnya.

Source Baju Adat Mantenan Jawa Timur adat tradisional
Comments
Loading...