Bajong Banyu, Tradisi Unik ‘Perang Air’ Jelang Puasa di Magelang

0 92

Tradisi ‘Padusan’ biasanya dilakukan di aliran sungai, pancuran air, kolam maupun lainnya, namun berbeda yang dilakukan di Dusun Dawung Desa Banjarnegoro Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang, Rabu sore. Aktivitas yang mirip seperti ‘perang air’, atau yang biasa disebut dengan tradisi Bajong Banyu, digelar di tengah perkampungan di Dusun Dawung. Diawali dengan prosesi pengambilan air dari mata air, yang lokasinya berjarak sekitar 300-500 meter dari perkampungan.

Sebuah ritual digelar di lokasi sumber mata air, dan sebuah tarian “Tari Reresik Awak lan Ati” yang dimainkan Kelompok Sri Dhegleng (Lira, Eveline dan Sakatama) mewarnai rangkaian ritual tersebut.  Beberapa tokoh masyarakat, termasuk perwakilan perangkat Dusun, Perangkat Desa dan Perangkat Kecamatan maupun lainnya, mengambil air dari sumber mata air dengan menggunakan kendhi atau tempat minum dari bahan tanah.

Beberapa kendhi yang berisi air tersebut kemudian dibawa ke tengah Kampung Dawung. Kendhi-kendhi tersebut secara bergantian diserahkan kepada sesepuh masyarakat Dusun Dawung Mbah Pur, untuk kemudian dimasukkan ke dalam tempayan. Beberapa warga kemudian melakukan bersih diri dan membasuh muka dengan air yang dikucurkan Mbah Pur. Kegiatan ini kemudian dilanjutkan padusan Bajong Banyu, baik dengan penyiraman air menggunakan gayung dari tempurung kelapa maupun saling melempar air yang sudah dibungkus plastik.

Salah satu warga Dawung Gepeng Nugroho kepada wartawan mengatakan tradisi ini berbeda dengan tradisi padusan di tempat lain. Prosesnya berbeda dengan padusan biasa. Kalau beberapa tahun silam warga melaksanakan padusan di sumber mata air, sekarang air dari mata air tersebut yang diambil untuk dibawa ke tengah kampung. Didahului dengan sebuah prosesi, doa bersama untuk diberikan keselamatan dan kelancaran dalam menunaikan puasa, prosesi saling memaafkan dan Bajong Banyu atau ‘perang air’ yang dilakukan warga penuh dengan kegembiraan.

Source https://krjogja.com https://krjogja.com/web/news/read/98214/Bajong_Banyu_Tradisi_Unik_Perang_Air_Jelang_Puasa_di_Magelang
Comments
Loading...