Bagian Utama Rumah Joglo

0 159

Bagian Utama Rumah Joglo

Rumah Joglo umumnya dimiliki oleh masyarakat kalangan menengah keatas, baik itu bangsawan atau priayi. Hal ini dapat dengan mudah dipahami mengingat untuk membangun rumah Joglo membutuhkan bahan bangunan yang lebih banyak dan lahan yang lebih luas.Fakta inilah yang mungkin mempengaruhi mitos masyarakat jawa bahwa rakyat jelata tidak pantas untuk mendirikan rumah Joglo.

Bagian utama yaitu Omah, Pendapa, dan Peringgitan, akan tetapi ada 2 tambahan seperti dalem dan senthong. Berikut ulasannya:

a. Pendopo

Pendopo atau paviliun merupakan bangunan yang terletak di depan kompleks. Bangunan ini dipergunakan untuk menyambut tamu, pagelaran adat atau kegiatan sosial lainnya.Pendopo menggunakan atap Joglo dan hanya dimiliki oleh orang kaya saja.

b. Peringgitan

Peringgitan merupakan bangunan yang menghubungkan Pendopo dengan Omah. Bagian ruang peringgitan digunakan sebagai tempat ringgit yang artinya wayang atau bermain wayang.Peringgitan memiliki bentuk atap kampung atau limasan.

c. Omah

Omah merupakan bagian utama kompleks. Kata omah berasal dari kata Astro indonesia yang berarti rumah. Omah merupakan bangunan persegi yang menggunakan atap Joglo atau limasan dengan lantai yang ditinggikan.

d. Dalem

Dalem merupakan bangunan tertutup yang bagi menjadi beberapa bagian. Pada rumah kampung atau limas Dalem digunakan untuk membedakan antara bagian depan da bagian belakang. Namun pada rumah joglo terdapat pembagian yang rumit antara depan,tengah dan belakang.

e. Senthong

Senthong merupakan bagian belakang Omah yang terdiri dari 3 ruangan tertutup. Bagian barat Senthong digunakan untuk menyimpan beras atau hasil panen lainnya. Sementara bagian timur digunakan sebagai tempat menyimpan peralatan pertanian. Bagian tengah sering digunakan sebagai tempat tidur pasangan baru.

Source https://www.romadecade.org https://www.romadecade.org/rumah-adat-jawa/#!
Comments
Loading...