Bagian Halaman Pertama Kompleks dalam Keraton Kasepuhan Cirebon

0 86

Bagian Halaman Pertama Kompleks dalam Keraton Kasepuhan Cirebon

Penjelasan rumah Adat Kasepuhan yang berasal dari provinsi Jawa Barat. Rumah adat Kasepuhan disebut juga dengna Keraton Kasepuhan. Didirikan oleh Pangeran Cakrabuana sekitar tahun 1529. Beliau merupakan putra Prabu Siliwangi dari Kerajaan Padjajaran. Keraton ini merupakan perluasan dari Keraton Pakungwati, yang merupakan keraton yang telah ada sebelumnya.

 Halaman Pertama

Setelah melalui Pancaratna dan Pancaniti selanjutnya akan memasuki halaman pertama. Untuk memasukinya, bisa melewati Gapura Adi atau Gapura Banteng. Gapura Adi ini berada di utara Siti Inggil.

Halaman pertama merupakan kompleks Siti Inggil dan terdapat beberapa bangunan lagi, antara lain:

Mande Pendawa Lima: bangunan yang berfungsi untuk tempat duduk pengawal Raja. Mande Malang Semirang: bangunan yang berfungsi sebagai tempat duduk raja timadu menyaksikan acara di alun-alun. Mande Semar Timandu: bangunan yang berfungsi sebagai tempat duduk penghulu atau penasehat raja. Mande Karesmen: bangunan sebagi tempat menampilkan kesenian untuk raja. Mande Pengiring: bangunan yang berfungsi sebagai tempat mengiring raja. Bangunan Pengada: bangunan yang berfungsi sebagai tempat membagi berkat dan tempat pemeriksaan sebelum menghadap raja.

Source http://dunia-kesenian.blogspot.com/ http://dunia-kesenian.blogspot.com/2014/10/rumah-adat-kasepuhan-dari-provinsi-jabar.html
Comments
Loading...