Bagian-Bagian Bangunan Rumah Jawa

0 339

Bagian-Bagian Bangunan Rumah Jawa

Bangunan rumah

Rumah Jawa biasanya dibangun dalam suatu kompleks berdinding, rumah ini tidak jauh berbeda dengan rumah Bali. Bahan untuk dinding pelindung kompleks rumah dibuat dari batu untuk rumah orang kaya, atau terbuat dari bambu dan kayu.

Rumah tradisional orang Jawa yang ideal terdiri atas tiga bangunan utama, yaitu omah, pendapa, dan peringgitan. Selengkapnya ialah sebagai berikut :

Pendopo

Pendopo atau pendapa adalah sebuah paviliun yang terletak di bagian depan kompleks. Biasanya tempat ini digunakan untuk menerima tamu, pertemuan sosial, atau pertunjukan ritual.

Pringgitan

Ruang yang menghubungkan antara pendopo dengan omah biasanya disebut dengan Pringgitan. Peringitan merupakan tempat untuk ringgit, yang memiliki arti wayang atau bermain wayang. Pringgitan memiliki bentuk atap kampung atau limasan.

Omah

Kata omah berasal dari Austronesia yang berarti “rumah”. Omah biasanya memiliki tata letak persegi atau persegi panjang dengan lantai yang ditinggikan. Bagian tengah omah menggunakan bentuk atap limasan atau Joglo.

Dalem

Dalem adalah bangunan tertutup dan dibagi lagi sepanjang poros Utara dan Selatan menjadi daerah-daerah yang berbeda. Pada rumah Joglo terdapat tiga pembagian yang lebih rumit, antara depan, tengah, dan belakang.

Bagian Timur depan dalem adalah tempat berlangsungnya kegiatan semua anggota keluarga dan tempat semua anggota keluarga tidur pada sebuah ranjang bambu,sebelum anak dewasa.

Bagian tengah dalem rumah Joglo ditegaskan oleh empat tiang pokok. Sekarang bagian itu tidak lagi memiliki kegunaan khusus. Akan tetapi, secara tradisional daerah ini merupakan tempat pedupaan yang dibakar sekali seminggu untuk menghormati Dewi Sri (dewi padi), di gunakan untuk tempat duduk juga bagi mempelai wanita dan pria saat pernikahan.

Senthong

Bagian belakang omah yang terdiri dari tiga ruangan tertutup di Jawa biasanya di sebut dengan Senthong. Senthong Barat merupakan tempat menyimpan beras dan hasil pertanian lain, sementara peralatan bertani disimpan di sisi Timur. Senthong secara tradisional merupakan ruangan yang dihias semewah mungkin dan dikenal sebagai tempat tinggal tetap Dewi Sri. Pasangan pengantin baru terkadang tidur di senthong tengah.

 

Source Bagian-bagian Bangunan Rumah Jawa arsitag
Comments
Loading...