Bagi Orang Jawa Tingwe ( Lintingan Dewe ) Rokok Buatan yang Kini Sudah Mulai Jarang Ditemukan

0 58

Bagi orang Jawa, khususnya yang lahir sebelum awal tahun 2000 an ( milenium) pasti sudah tak asing dengan yang namanya Lintingan, Lintingan atau biasa disebut Tingwe merupakan sebuah nama Rokok buatan tangan sendiri ( Bukan produksi pabrik ). lintingan memang kurang disukai oleh kawula muda karena memang racikan rokok tidak menggunakan bumbu bumbu seperti rokok pabrikan dan rasanya cenderung “Nyegrak” atau kasar. makanya hanya mbah mbah yang menyukai rokok Tingwe.

Bahan Bahan membuat Tingwe

Adapun bahan bahan yang perlu di persiapkan untuk membuat Rokok Tingwe antara lain:
1. Mbako ( Tembakau ), biasanya tembakau yang sering di buat Lintingan adalah mbako Gewol, dimana mbako jni mempunyai rasa njjegrak yang tinggi. untuk tembakau dengan rasa yang halus bisa menggunakan tembakau yang muda, lebih praktisnya tembakau kemasan merk padud.

2. kertas rokok, biasanya disebut kertas sek, papir, dan klobot. untuk klobot biasanya terbuat dari daun jagung kering. beberapa merk kertas rokok antara lain Pagupon ( lebih lebar ), cap nanas ( sangat tipis, cocok untuk tembakau padud ), cap orang merokok, lebih tebal, dan bisa digunakan untuk segala jenis tembakau. perlu diketahui bahwa kertas rokok mempunyai ujung yang manis dan ujung yang tidak manis. usahakan ujung yang tidak manis berada di pucuk agar Lintingan terasa lebih enak. jika terbalik, artinya ujung kertas bagian manis yang dibakar, maka rasanya kurang sedap.

3. Cengkeh, cengkeh adalah pelengkap / bumbu Lintingan, beberapa jenis tembakau memang kurang sedap jika menggunakan cengkeh ( Padud ). takaran cengkeh juga harus pas, jika kurang cengkeh maka lintingan akan terasa ampeg, gatal, dan sengak. namun jika kebanyakan lintingan akan terasa panas.

Cara membuat

Pertama, Rentangkan kertas rokok ( kertas sek, klobot atau yang lainnya) kemudian letakkan tembakau di kertas rokok tersebut, usahakan dalam mengambil tembakau, tidak putus putus atau hancur, karena akan membuat rasa rokok sedikit pahit.

Kedua, taburkan cengkeh secukupnya, usahakan takaran nya sesuai dengan jumlah tembakau yang anda ambil. ingat bahwa jika kebanyakan cengkeh maka rokok justru akan terasa panas.

Terakhir, gulung kertas, tembakau beserta cengkeh tersebut, agar lebih mudah arahkan ke kiri atau berlawanan dengan arah jarum jam. bentuk rokok dengan ujung kebih besar dan bagian pangkal lebih lancip ( kerucut ). artinya bentuk lintingan tidak seperti rokok pabrikan. sampai disini Lintingan sudah siap untuk si sulut dan dinikmati. selamat mencoba.

Source http://wartajowo.blogspot.com http://wartajowo.blogspot.com/2018/08/tingwe-lintingan-dewe-rokok-buatan-yang.html
Comments
Loading...