Babadotan, Permainan Tradisional Jawa Barat

0 158

Babadotan, Permainan Tradisional Jawa Barat

Babadotan adalah permainan anak yang sangat sederhana. Nama Babadotan sendiri didapatkan dari jenis tanaman yang digunakan untuk memainkan permainan ini yaitu tanaman Bandotan atau dalam Bahasa Sunda disebut Babadotan.

Untuk memainkan permainan ini digunakan hanya beberapa benda yang mudah dicari saja yaitu: 2 buah paku, karet, batu, dan juga bunga babadotan yang belum mekar dan berbentuk seperti ulat.

Untuk memainkannya pertama tama pasangkan paku pada bidang datar dengan jarak kira kira 10 – 15 cm. Setelah itu renggangkan karet dikedua paku tadi sehingga paku tadi terhubung oleh karet. Terakhir simpan tanaman babadotan tadi di kedua ujung karet dengan posisi saling berhadapan, untuk memainkannya pemain harus menggosok paku dengan batu sehingga tanaman tersebut maju dan saling menghampiri karena getaran dari karet.

Saat batu digosok oleh kedua pemain maka tanaman babadotan akan saling menghampiri dan akhirnya saling menjatuhkan, pemain dianggap kalah apabila babadotan miliknya jatuh duluan ke tanah.

Source https://budaya-indonesia.org/Babadotan/ https://budaya-indonesia.org/Babadotan/
Comments
Loading...