Ayang-ayang Gung Sunda

0 345

Ayang-ayang Gung Sunda

Salah satu lagu tradisional khas tatar Sunda, Jawa Barat ialah Ayang-ayang Gung. Lagu ini biasanya dinyanyikan anak-anak yang merupakan pengantar pada permainan tradisional Ucing Kuriling atau Ucing Peungpeun.

Banyak permainan tradisional yang dahulunya sering ditemukan di kampung-kampung, kini sudah dilupakan. Ia menilai, kemajuan zaman dan arus globalisasi membuat permainan tradisional menjadi semakin ditinggalkan. Hal ini merupakan ungkapan dari Apip Supriadi, Kabid Ekonomi Kreatif Kota Bogor.

Keberagaman hal-hal yang tradisional mengandung banyak nilai filosofi dan dapat dipelajari, sehingga mampu mengikat masyarakat tingkat bawah maupun masyarakat atas dalam satu-kesatuan tanpa merasa adanya perbedaan. Selain itu, permainan tersebut mampu menumbuh kembangkan kreativitas dan cara bersosialisasi anak-anak dalam bersikap dan bertutur.

Salah satunya Paciwit-ciwit Lutung, permainan ini mengajarkan anak-anak untuk bisa merasakan penderitaan orang lain.

Salah satu jenis permainan jenis permainan Kaulinan Urang Lembur saat ini mulai ditinggalkan oleh anak-anak. Pada zaman dahulu, permainan Urang Lembur ini banyak digemari anak-anak di perkampungan, tapi kini sudah mulai agak berkurang. Arus globalisasi dan informasi yang semakin deras dan pesat berkembang dapat mempengaruhi tumbuh kembang anak-anak.

Hal-hal yang berkaitan dengan kekayaan suatu daerah sebaiknya di jaga dan tetap dilestarikan agar menjadi kekayaan milik daerah kita, selain itu untuk menambah wawasan untuk anak cucu kita ke depannya.

Source Ayang-ayang Gung Sunda koran
Comments
Loading...