Awal mula tradisi Merti Code

0 109

Awal mula tradisi Merti Code

Tradisi Merti Code ini diawali dengan mengambil tujuh sumber mata air di pinggiran Kali Code. Pengambilannya dilakukan oleh tokoh masyarakat. Air dari tujuh sumber ini nantinya disatukan dalam gentong untuk acara tirakatan.

Di hari berikutnya, gentong dikirab sambil mengelilingi kampung sekitar Kali Code bersama dengan pusaka paringan Dalem Sultan HB X serta diiringi bregada atau prajurit khusus dan kelompok seni kampung. Selanjutnya air dari gentong tersebut dibagikan kepada masyarakat saat acara akan berakhir.

Pada tahun 2001, dilakukan suatu pengkajian bentuk acara adat yang sudah pernah dilakukan masyarakat pinggiran kali. Setelah itu muncul gagasan untuk menyelenggarakan Merti Code yang dilakukan di beberapa kampung Kali Code dalam bentuk atraksi budaya dan kesenian.

Acara Tradisi Merti Code dilakukan sendiri oleh masyarakat, baik itu sebagai pelaku maupun sebagai panitia penyelenggara. Sekarang ini, Tradisi Merti Code juga didukung oleh lembaga sekolah dan perguruan tinggi yang berlokasi di sekitar Kali Code. Pemerintah Kota juga ikut membantu kesuksesan Tradisi Merti Code. Sedangkan, kelompok seni budaya di Yogyakarta, banyak yang tertarik melibatkan diri dalam kegiatan tersebut.

Ada beberapa kegiatan yang seringkali dilakukan untuk menambah kemeriahan Tradisi Merti Code. Misalnya serasehan lingkungan, pentas seni, hingga lomba lukis. Setiap traveler yang hadir di acara ini tidak hanya boleh menonton. Mereka juga dapat ikut dalam acara ini.

Source http://hotelthecube.com/ http://hotelthecube.com/memahami-tujuan-dan-makna-tradisi-unik-merti-code-yogyakarta/
Comments
Loading...