Aspel, Permainan Tradisional Madura

0 156

Aspel, Permainan Tradisional Madura

Khusus untuk kalian generasi millenial, tentu saja pada saat masih kecil pernah memainkan permainan tradisional yang satu ini, bukan? Aspel. Meskipun terdengar asing, aspel ini merupakan permainan tradisional yang sempat ramai dimainkan di berbagai daerah di Indonesia. Secara umum, permainan ini adalah permainan menggunakan bola bekel. Di daerah Madura, permainan bola bekel ini dinamakan Aspel. Penasaran bukan bagaimana cara memainkannya?

Alat-alat yang harus dimiliki untuk dapat memainkan permainan aspel ini hanya 2 komponen utama; bola bekel, dan kuwuk. Hanya dengan 2 komponen inilah kita sudah bisa menikmati permainan aspel yang ternyata membuat ketagihan loh!

Cara memainkannya sangatlah mudah. Simpan 4-7 kuwuk di tangan dan digenggam, dengan jari jempol dan ibu jari memegang bola bekel. Setelah itu lempar bola bekel keatas dengan ketinggian sekitar 15cm, sambil menaburkan kuwuk di lantai. Bola bekel di lempar keatas agar memantul berulang-ulang kali sambil membalikkan posisi kuwuk secara satu persatu. Jika seluruh kuwuk telah selesai dibalikkan, maka kuwuk tersebut akan diambil satu persatu beriringan dengan pantulan bola. Setelah semua kuwuk terambil, kuwuk tersebut disebarkan kembali, kemudian dibalikkan, lalu diambil 2 kuwuk setiap pantulan bola dan diambil secara berkala. Begitu seterusnya.

Permainan akan dinyatakan kalah atau gagal jika kita gagal dalam mengambil kuwuk, atau jika kuwuk yang sudah terambil kembali bertebaran bukan pada saatnya. Permainan aspel secara tidak disadari membantu kita melatih ketangkasan. Dimana secara cepat kita harus mengambil kuwuk hanya dalam waktu satu pantulan bola. Sayangnya, saat ini menemukan bola bekel bukanlah hal yang mudah. Sehingga sudah jarang sekali loh kita menemukan orang yang masih memainkan permainan ini.

Source https://budaya-indonesia.org/Aspel/ https://budaya-indonesia.org/Aspel/
Comments
Loading...