Asale Kaloran Wonogiri Dulu Banyak Ditumbuhi Pohon Kelor

0 47

Asale Kaloran Wonogiri Dulu Banyak Ditumbuhi Pohon Kelor

Kaloran merupakan salah satu nama sebuah perkampungan atau lingkungan di Kelurahan Giritirto, Kecamatan/Kabupaten Wonogiri. Letak geografis Kaloran berada di sisi selatan Kota Wonogiri tepatnya di lokasi lama polres Wonogiri. Sepintas nama Kaloran hampir sama dengan nama Keloran. Bedanya, Keloran merupakan nama salah satu desa di Kecamatan Selogiri sedangkan Kaloran menjadi nama sebuah lingkungan.

Tak ada buku atau catatan tertulis mengenai nama Kaloran namun setiap orang memastikan nama wilayah tak terlepas dari sejarah. Karenanya yang terjadi adalah sejarah lesan atau cerita dari mulut ke mulut. Akibatnya tak semua orang paham akan sejarah nama tersebut. Sigit menyatakan dirinya pernah mendapat cerita dahulu banyak tanaman jenis kelor tumbuh di Kaloran. “Apakah nama Kaloran berasal dari banyaknya pepohonan kelor atau bukan yang jelas sampai sekarang nama Kaloran tetap menjadi nama wilayah di Kelurahan Giritirto,” kata dia.

Dia bercerita pohon kelor banyak bermanfaat bagi kesehatan ataupun kekebalan atau semacam jimat atau pusaka. Setiap orang yang dianggap digdaya jika dihadapi dengan pohon kelor tak akan berdaya lagi. Jadi pohon kelor itu oleh masyarakat dinilai cukup ampuh. Tetapi manfaat pohon kelor juga banyak. Dri akar, biji, daun, buah ataupun bunga memiliki manfaat. Misalkan akar pohon kelor bisa menyembuhkan rematik atau melarutkan air seni dan dahak serta mencegah iritasi kulit dan obat pegal-pegal.

Konon, ujarnya, daun kelor juga bisa dimanfaatkan menjadi obat diabetes dan bijinya bisa untuk obat kanker. “Kemungkinan dari Kelor itulah muncul nama Kaloran,” ungkap dia. Seorang sesepuh Kelurahan Giritirto, Kasto Tugimin, 74, bercerita, nama Giritirto sudah ada sejak 1948 atau tiga tahun semenjak tahun proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Menurutnya, di jaman itu hanya ada empat wilayah di Kelurahan Giritirto seperti Sukorejo, Bauresan, Sumberejo, Kaloran dan Cubluk. “Tak ada nama Kaloran Kidul. Nama Kaloran Kidul merupakan wilayah perluasan di jaman orde baru,” kenang dia.

Kasto menjelaskan, sekarang ini Lingkungan Kaloran terbagi menjadi Kaloran Lor dan Kaloran Kidul namun tetap dalam satu lingkungan. Dia menyakini wilayah Kaloran Kidul dahulu wilayah Sumberejo. Lapangan yang berada di depan Polres lama Wonogiri pun masih bernama Lapangan Sukorejo bukan Lapangan Kaloran. Lebih lanjut diceritakannya jaman penjajah wilayah Kaloran masih berbentuk hutan sehingga banyak tumbuh pepohonan kelor. “Dari nama pepohonan kelor itulah masyarakat menyebutnya menjadi Kaloran. Dahulu di Kaloran banyak dihuni orang-orang sakti,” ungkap dia.

Source http://old.solopos.com/ http://old.solopos.com/2016/01/24/asal-usul-asale-kaloran-wonogiri-dulu-banyak-ditumbuhi-pohon-kelor-684035
Comments
Loading...