Asal Usul Tari Topeng Klana Cirebon

0 105

Asal Usul Tari Topeng Klana Cirebon

Tari topeng Klana menggambarkan sifat manusia yang penuh amarah, bertabiat buruk, dan serakah. Tari topeng Klana ini adalah salah satu dari lima topeng Panca Wanda (Panji, Rumyang, Tumenggung, Klana, dan Samba/Pamindo).

Tari Topeng Cirebon sudah ada sejak abad 10 atau 11 Masehi. Dulu tari topeng hanya dipertunjukkan untuk kalangan tamu kerajaan dan para patih kerajaan, atau kalau ada tamu dari luar negeri, tari topeng Cirebon hanya ditonton oleh orang-orang tertentu. Sedangkan rakyat biasa hanya bisa menonton dari kejauhan atau kalau di dalam keraton tariannya. Masyarakat hanya melihat dari teralis jendela luar seperti mengintip.

Pada masa itu kebanyakan masyarakat masih memeluk agama islam kejawen atau islam yg bercampur dengan kebudayaan hindu seperti membakar dupa dll. Pada zaman itu terdapat wali atau tokoh-tokoh pemimpin islam, mereka selain menyebarkan agama islam mereka juga mendalami kebudayaan masyarakatnya. Karena pada masa itu para wali/tokoh pemimpin agama islam sangat sulit sekali untuk mengajak masyarakat memeluk islam.

Maka setelah para wali itu menguasai kebudayaan Indonesia diantaranya seni tari topeng, mereka berinisiatif mengajak masyarakat untuk memeluk agama islam. Dalam dakwahnya mereka sisipkan kebudayaan tari-tarian, yaitu dengan mengajak masyarakat yg tertarik untuk menonton atau melihat tari-tarian, syaratnya mereka harus membacakan dua kalimat syahadat. Dua kalimat syahadat adalah kalimat yang menunjukkan niat seseorang untuk masuk agama islam. Jadi untuk masyarakat yang ingin melihat langsung pertunjukkan tari topeng atau wayang kulit merek diwajibkan terlebih dahulu memeluk agama islam.

Cara ini dilakukan oleh salah satu Sunan Kalijaga. Sehingga kini kadang2 ada beberapa seniman topeng menyebut yang menciptakan tari topeng adalah Sunan Kalijaga padahal sebenarnya tarian itu sudah ada sebelumnya. Sedangakan sunan kalijaga hanya mempopulerkan saja sehingga lebih dikenal sampai sekarang.

Source https://budaya-indonesia.org https://budaya-indonesia.org/Tari-Topeng-1/
Comments
Loading...