Asal-usul Tari Remo Tarian Asal Daerah Jombang

0 107

Asal-usul Tari Remo Tarian Asal Daerah Jombang

Tari Remo merupakan salah satu warisan budaya yang telah diperkenalkan sejak zaman dulu. Jenis tarian ini sering ditampilkan pada saat upacara penyambutan tamu di Kota Jombang, Jawa Timur. Bila anda berkunjung ke Kota Jombang atau daerah di sekitarnya.

Anda akan menjumpai tarian ini di beberapa acara, khususnya pada acara Ludruk atau Hari-hari Besar Nasional tertentu. Secara sejarah memang Tari Remo berasal dari Kota Jombang.

Namun dalam pengaplikasiannya, tari ini banyak digunakan oleh masyarakat-masyarakat di sekitarnya, seperti di daerah Surabaya, Mojokerto, Malang, dan Nganjuk. Hal ini dikarenakan banyak sekali kultur tarian yang memiliki kesamaan dengan nilai-nilai budaya masyarakat setempat.

Tarian Remo tidak dapat dilepaskan dari catatan sejarah dan nilai-nilai filosofis yang terkandung di dalamnya. Karena kedua unsur tersebutlah yang menjadikan Tari Remo sebagai tarian yang unik.

Asal-usul

Berasal dari kecamatan Diwek Di desa Ceweng, tarian ini diciptakan oleh seorang pengamen tari. Awalnya tarian ini digunakan sebagai pengantar pertunjukan ludruk. Namun, seiring perkembangannya tarian ini lebih digunakan sebagai sambutan atas tamu kenegaraan, ditarikan dalam upacara-upacara kenegaraan, maupun dalam festival kesenian daerah.

Source http://dunia-kesenian.blogspot.com/ http://dunia-kesenian.blogspot.com/2014/10/tari-remo-tarian-asal-daerah-jombang.html
Comments
Loading...