Asal Usul Tari Lenggang Tarian Tradisional dari Surabaya, Jawa Timur

0 117

Asal Usul Tari Lenggang Tarian Tradisional dari Surabaya, Jawa Timur

Tari Lenggang adalah salah satu tarian selamat datang yang khas dari Surabaya, Jawa Timur. Tarian ini dimainkan oleh beberapa penari wanita yang menari dengan gerakan yang indah dan anggun. Tari Lenggang Surabaya ini merupakan adaptasi pengembangan dari kesenian sebelumnya yaitu Tari Tanda’an/Ledek Tayub dan Sandur Madura.

Menurut sejarahnya, Tari Lenggang ini diciptakan oleh Dimas Pramuka Admaji pada tahun 1995. Pada saat itu dia diminta menciptakan suatu tarian penyambutan untuk memeriahkan hari jadi Surabaya. Permintaan tersebut disambut baik oleh Dimas Pramuka Admaji dengan memasukkan berbagai unsur budaya dan seni yang ada di Surabaya pada tarian kreasinya. Dalam tarian tersebut dia mengembangkan tarian yang gerak dan penyajiannya mengacu pada kesenian Tanda’an dan Sandur Madura.

Setelah melalui proses observasi dan penggarapan yang baik maka jadilah Tari Lenggang ini. Tarian ini pertama kali dipentaskan pada acara hari jadi kota Surabaya di kediaman walikota Surabaya. Pada acara tersebut dihadiri oleh tamu – tamu besar, baik dalam negeri maupun mancanegara. Melalui penyajian tari yang baik, Tari Lenggang ini mendapat apresiasi dari para tamu yang datang. Dari situlah awal kemunculan Tari Lenggang yang hingga kini dijadikan sebagai salah satu tarian selamat datang untuk tamu besar yang datang ke Surabaya.

Source https://budaya-indonesia.org https://budaya-indonesia.org/Asal-Usul-Tari-Lenggang-Tarian-Tradisional-dari-Surabaya-Jawa-Timur/
Comments
Loading...