Asal Usul Suku Sunda

0 62

Asal Usul Suku Sunda

Konon, kata Sunda berasal dari bahasa Sansekerta, yakni Sunda atau Suddha, dua kata ini memiliki arti bersinar, terang, atau putih. Istilah Bali, Sunda yang berarti murni, bersih, dan suci juga menjadi penguat arti dari kata Sunda.  Pemakaian kata ini untuk suku, dalam hal ini suku Sunda, dimulai pada masa Purnawarman yakni pada tahun 397. Kala itu, sebutan Sunda ia sematkan pada kerajaan Tarumanegara. Pemakaian kata ini berlanjut hingga tahun 670, Kerajaan Tarumanegara berubah menjadi Kerajaan Sunda, yang kemudian seiring perkembangannya terpecah menjadi kerajaan Galuh dan kerajaan Sunda.

Istilah suku Sunda memiliki arti orang yang tinggal dan berasal dari kawasan Jawa Barat atau tanah Pasundan atau yang biasa disebut parahiangan. Secara kultur, tanah Pasundan ini berbatasan dengan Sungai Cindaduy dan Sungai Cilosari. Yang keduanya merupakan perbatasan bahasa bagi Bahasa Sunda (bahasa yang dipergunakan oleh Suku Sunda). Namun demikian, banyak sekali suku Sunda yang telah menyebar baik di daerah terdekat dengan jawa barat, maupun yang terjauh sekali pun.

Bahasa Daerah Suku Sunda seperti yang telah disebutkan di atas bahwa suku Sunda menggunakan bahasa Sunda sebagai bahasa daerah. Mereka menggunakan bahasa ini untuk berkomunikasi dengan kerabat, tetangga, saudara, teman, dan lainnya. Intinya, bahasa Sundalah yang menjadi bahasa keseharian. Jika ditelaah lebih jauh, penggunaan bahasa daerah Sunda ini berbeda antara suku Sunda yang tinggal di Jawa Barat dan di luar Jawa Barat. Hal ini karena percampuran budaya dan penyerapan budaya baru oleh Suku Sunda yang tinggal di lingkungan baru pun dengan budaya baru.

Orang yang tinggal di Cirebon misalnya, lokasi ini merupakan perbatasan daerah Jawa Tengah dengan Jawa Barat, di mana banyak Suku Sunda yang tinggal di sana, sehingga menimbulkan bentuk bahasa Sunda dengan dialek baru.

Pemakaian bahasa Sunda kini biasanya lebih ditekankan pada saat berbicara dengan orang terdekat agar tidak kaku dan lebih cair. Selain itu, bahasa juga bisa dikatakan sebagai sebuah penghormatan. Namun demikian, kehadiran Rebo Nyunda bisa menjadi salah satu cara masyarakat Sunda untuk kembali berdialek asli Suku Sunda.

Source Asal Usul Suku Sunda West Java Kingdom

Leave A Reply

Your email address will not be published.