Asal Usul Karimunjawa

0 232

Asal Usul Karimunjawa

Sunan Nyamplungan adalah orang yang memberi nama Karimunjawa. Sunan Nyamplungan yang juga disebut Amir Hasan ketika ia masih muda adalah putra Sunan Muria. Amir Hasan adalah anak manja, ibunya selalu memberikan yang ia inginkan. Di sisi lain ayahnya tidak setuju dengan sikap buruk, sehingga ayahnya mengajarkan nilai-nilai dasar Islam kepadanya, tetapi tidak mengubah perilaku Amir Hasan. Sunan Muria tidak tahan menghadapi perilaku anaknya, jadi dia tanya kakaknya bernama Sunan Kudus untuk mengajar Amir Hasan. Sunan Muria diharapkan bahwa dengan metode Sunan Kudus, perilaku putranya akan berubah.

Sunan Kudus mengajarkan Amir Hasan sangat baik, tak heran jika Amir Hasan menjadi orang baik juga. Mengingat perubahan perilaku Amir Hasan, Sunan Kudus membawanya kembali ke Sunan Muria. Sunan Muria sangat gembira mengingat anaknya berubah. Untuk membuktikan pengetahuan Islam putranya, ia lalu menyuruh Amir Hasan pergi ke sebuah pulau terisolasi yang samar-samar terlihat dari puncak gunung Muria.

Amir Hasan didampingi oleh dua pria dan disertakan dengan 2 lembar pohon nyamplung. Perjalanan panjang dengan berlayar di laut luas, akhirnya berakhir di pulau ini. Amir Hasan memutuskan untuk tinggal di pulau itu dan kemudian memberinya nama “Karimunjawa”.

Pulau yang samar-samar terlihat dari puncak Gunung Muria ini milik wilayah Jawa. Di pulau itu ada banyak pohon nyamplung. Itulah alasan mengapa amir Hasan diketahui sebagai “Sunan Nyamplung”.

Source https://betulcerita.blogspot.com/ https://betulcerita.blogspot.com/2016/07/asal-usul-karimunjawa.html
Comments
Loading...