Asal Usul Jipeng, Seni Pertujukan Dari Betawi

0 67

Seni Jipeng merupakan salah satu kesenian teater yang dimainkan oleh masyarakat Betawi tempo dulu. Kesenian Jipeng ini mirip dengan seni drama yang memiliki alur cerita lakon dan babak. Pada umumnya kesenian ini mengambil tema cerita tentang keagamaan atau petuah.

Jipeng muncul karena kejenuhan dan kebosanan masyarakat dengan kesenian yang hanya mempertunjukkan instrumen musik. Perpaduan kesenian pun terjadi. Ada kolaborasi antara teater topeng dan tanjidor yang melahirkan Jipeng.

Nama Jipeng adalah akronim dari Tanji dan Topeng. Jadi, Jipeng adalah pertunjukan topeng yang diiringi orkes Tanjidor. Jipeng mempertunjukkan tidak hanya permainan musik, tetapi juga tarian, nyanyian, serta perpaduan gerak dan teater yang kadang mengundang lawakan.

Lagu-lagu yang dinyanyikan dalam pertunjukan Jipeng adalah lagu yang berasal dari Betawi dan Sunda ataupun gabungan keduanya. Di antaranya, lagu yang berupa mars khas Tanjidor, seperti lagu Kramton, Batalyon, dan Was Taktak. Selain itu, orkes ini juga dapat membawakan lagu-lagu Topeng dengan baik, seperti lagu Kang Aji, Sulamjana, dan Buah Kawung.

Jipeng sempat mengalami jaman kejayaan dan keemasan pada era 70-an hingga 80-an. Kesenian ini tumbuh pesat di Betawi pusat, seperti daerah Tanahabang dan Kampung Arab.

Sementara itu, bekas pemain kesenian Jipeng pada era 80-an, Odang Sumantri (58) mengaku bahwa kesenian Jipeng bukan asli dari Betawi. Menurut dia, kesenian Jipeng adalah kesenian yang tumbuh di daerah Jawa Barat dan menyebar ke daerah pinggiran yang dihuni masyarakat Betawi, seperti Tangerang dan Ciledug.

Source https://id.wikipedia.org/wiki/Jipeng id.wikipedia.org
Comments
Loading...