Asal Usul Dialek Ngapak

0 101

Asal Usul Dialek Ngapak

Asal usul dialek ngapak berawal dari nenek moyang orang Banyumas yang berasal dari Kutai, kalimantan Timur pada masa Pra-Hindu. Menurut catacan seorang Orientalis Ahli Islam dan Ahli Sejarah Van Der Muelen, pada abad ke 3 sebelum masehi pendatang dari Kutai mendarat ke tanah jawa tepatnya di Cirebon kemudian mendiami lereng gunung Ciremai dan sebagian lainnya menetap di sekitaran Gunung Slamet.

Pendatang yang mendiami daerah sekitar gunung Ciremai berkembang menjadi peradaban Sunda dan yang berada di sekitar gunung Slamet mendirikan kerajaan Galuh Purba. Kerajaan Galuh purba inilah yang menjadi cikal bakal kerajaan kerajaan lain di tanah jawa.

Kerajaan Galuh Purba mempunyai wilayah kekuasaan yang cukup luas mulai dari Indramayu, Cirebon, Brebes, Tegal, Pemalang, Bumiayu, Banyumas, Cilacap, Purbalingga, Banjarnegara, Kedu, Kebumen, Kulonprogo, dan Purwodadi.

Berdasarkan prasasti Bogor, kerajaan Galuh Purba mengalami kemunduran sehingga ibukota kerajaan pindah ke daerah Kawali dan berganti nama menjadi Galuh Kawali. Kerajaan Galuh kawali berada di bawah kerajaan Tarumanegara yang dipimpin oleh Purnawarman.

Kerajaan Galuh Kawali kembali mendapatkan kekuasaan ketika Tarumanegara dipimpin oleh Candrawarman kemudian menjadi kerajaan Galuh dan berkembang menjadi kerajaan Pajajaran, Jawa barat.

Meskipun kerajaan Galuh Purba berkembang menjadi sebuah kerajaan besar dengan Galuh di jawa barat dan kalingga di Jawa Tengah, namun keduanya memiliki hubungan yang terjalin dengan baik dengan adanya perkawinan antar kerajaan. Dari perkawinan antar keduanya inilah muncul Dinasti Sanjaya.

Dari dinasti Sanjaya inilah kemudian mempunyai keturunan raja-raja di tanah Jawa sebagai keturunan Galuh Purba. Bahasa yang digunakan keturunan galuh Purba masuk dalam rumpun bahasa Jawa kulon yang meliputi, Sub Dialek Banten Lor, Sub Dialek Cirebon/Indramayu, Sub Dialek Tegalan, Sub Dialek Banyumasan, Sub Dialek Bumiayu. Bahasa yang mereka gunakan inilah yang saat ini kita kenal dengan bahasa ngapak atau dialek ngapak.

Source https://newswantara.com/ https://newswantara.com/sejarah/menelusuri-jejak-sejarah-asal-usul-dialek-ngapak
Comments
Loading...