Asal Usul Desa Sedapurklagen Benjeng Gresik

0 280

Asal Usul Desa Sedapurklagen Benjeng Gresik

Dahulu, terdapat sedapur (serumpun) pohon klagen (siwalan) sebelum desa ini dihuni oleh warga.  Selain serumpun pohon siwalan, terdapat pula sebuah kedung (telaga) yang dikelilingi oleh pohon ploso. Menurut sumber yang terpercaya, Pohon yang memiliki warna bunga yang indah ini tingginya dapat mencapai 5-12 m. Bunganya terkumpul di ujung ranting dan membentuk lonceng. Sehingga wilayah ini dinamai Dusun Kedung Ploso.

Bergeser sedikit ke arah timur, terdapat sebuah dusun yang dinamai Dusun Lumpang. Diberi nama Dusun Lumpang karena dulu terdapat sebuah lumpang (alat penumbuk padi yang terbuat dari batu) yang hingga sekarang masih berada di tempat tersebut. Beberapa tahun yang lalu, Dinas Purbakala sempat singgah ke dusun ini untuk mengambil lumpang tersebut dan dimuseumkan. Namun, Dinas Purbakala tidak mendapat restu dari warga sekitar karena benda tersebut dianggap keramat.

Karena lokasinya yang berdekatan, Dusun Sedapurklagen, Kedung Ploso, dan Lumpang digabungkan menjadi satu desa yang saat ini disebut Desa Sedapurklagen.

Source http://majalah-alasjurit.blogspot.com/ http://majalah-alasjurit.blogspot.com/2014/12/asal-usul-desa-sedapurklagen-benjeng.html
Comments
Loading...