Asal Usul Desa Pragak Magetan

0 136

Asal Usul Desa Pragak Magetan

Desa Pragak terletak di Kecamatan Parang Kabupaten Magetan, Jawa Timur menurut cerita Asal Usul desa Pragak adalah sebagai berikut :

Dinamakan desa Pragak karena, pada zaman dulu ketika jaman Kerajaan Majapahit sedang bergolak dan terjadi peperangan, banyak para petinggi kerajaan yang melarikan diri pada saat mengalami kekalahan dalam peperangan. Salah satunya yang melarikan diri kerena dikejar-kejar musuh adalah Senopati Proyo Nogo.

Dalam pelariannya kebarat sampai akhirnya masuk di hutan sebelah Timur Gunung Lawu. Kerena dikejar terus oleh musuh maka sang senopati berusaha untuk sembunyi mencari tempat yang aman, ditengah hutan sang Senopati menemukan pohon yang besar dan bercabang 2 yang biasa disebut PROGOK. Untuk menyelamatkan diri ditempat Progok itulah sang senopati bersembunyi dan tidak pernah diketemukan oleh musuhnya, setelah aman akhirnya Senopati Proyo Nogo turun dari pohon dan keluar dari persembunyianya dan berujar : Besok lek rejone jaman tempat ini saya namakan Pragak.

Dari kisah cerita itulah tempat tersebut akhirnya dinamakan / disebut menjadi Desa Pragak, ada peninggalan / petilasan sejarah yaitu “Watu Reog, Watu Song dan Sendang Mbeji”. Adapun desa pragak sendiri berbatasan dengan sisi sebelah Barat dengan Desa Tamanarum (Mojopait), sisi sebelah Selatan dengan Desa Mategal (sungai gonggang), sisi sebelah Timur dengan Desa Kediren dan Desa Tapen, sisi Utara dengan Desa Krowe dan Desa Krajan.

Source Asal Usul Desa Pragak Magetan Mbah Pragak-Parang
Comments
Loading...