Asal Usul Desa Ngrejeng Bojonegoro

0 82

Asal Usul Desa Ngrejeng Bojonegoro

Desa Ngrejeng merupakan sebuah Desa yang masuk di wilayah Kecamatan Purwosari, Kabupaten Bojonegoro, terletak di wilayah  barat dari Kabupaten Bojonegoro di KM 40, tepatnya di jalan Raya Ngambon Km.7. Dewasa ini masih banyak masyarakat yang belum mengetahui asal-usul tentang Desa Ngrejeng, baik dari sejarah maupun cerita rakyat, mitos, legenda yang membahas tentang Desa Ngrejeng, termasuk  arti nama atau asal-usul nama desa  Desa Ngrejeng dan kepala Desa Yang perjabat menjabat kala itu.

Pada zaman dahulu kala Desa Ngrejeng sebelum mempunyai nama. menurut  cerita pewayangan jawa pada zaman purba / purwa  terjadi peperangan hebat antara JANAKA dengan RAHWANA yang terjadi di gunung atas angin. Dalam peperangan tersebut Janaka berhasil mengalahkan Rahwana dengan senjata andalanya berupa panah (jemparing) tetapi Rahwana berhasil melarikan diri dalam keadaan terluka parah oleh panah (jemparing) janaka tersebut.

Dalam perjarianya rahwana lari kearah utara dengan nafas tersengal sengal dan berhenti dibawah Greng (pohon bambu) sambil ngrerang-ngrerang (mengerang kesakitan.) akhirnya tempat tersebut sampai sekarang dinamai dusun Ngegreng Desa Sendangrejo Kecamatan Tambakrejo. Ditempat tersebut Rahwana sudah mulai membaik namun lukanya belum sembuh total  karena masih diliputi masih perasaan ketakutan oleh pengejaran Janaka. Kemudian Rahwana melanjutkan pelariannya kearah barat Laut dan berhenti di daerah TANGGULANGSI ( sekarang menjadi dusun Klubuk Desa Pelem Kecamatan Purwosari.

Selanjutnya rahwana melanjutkan pelariannya lagi kearah timur laut. dengan arah miring (dalam bahasa jawa NGEJENG) kekanan dari aarah Tanggulangsi melintasi suatu daerah.. Dimana daerah tersebut dijadikan jalan pintas miring (Ngrejeng) oleh rahwana, maka daerah tersebut di namai DESA NGREJENG.

Source Asal Usul Desa Ngrejeng Bojonegoro Kim Citro Rejo
Comments
Loading...