Asal Usul Desa Nambangan Wonogiri : Persembahan untuk Para Penambang

0 22

Asale Nambangan Wonogiri: Persembahan untuk Para Penambang

Dusun Nambangan, Desa Nambangan, Kecamatan Selogiri, Wonogiri, adalah wilayah paling dekat dengan Nguter, Sukoharjo. Penamaan Nambangan dilatarbelakangi salah satu mata pencaharian warga yakni penambang atau pada zaman dahulu disebut panambang yang berarti penyeberang.

Bagi warga, penambang sangat berjasa karena setiap hari menyeberangkan orang dari wilayah Wonogiri ke Nguter dan sebaliknya. Kepala Desa Nambangan menyampaikan menurut kisah para sesepuh, dahulu penambang menyeberangkan warga menggunakan semacam rakit.

Pengoperasian rakit menggunakan tali yang dipasang di dua tepi sungai. Pada masa itu masyarakat menyebutnya Kyai Penambang. Seiring berjalannya waktu masyarakat sepakat menamai dusun di dekat sungai itu dengan Dusun Nambangan. Nama itu lalu dijadikan nama desa. “Dahulu peran penyeberang sangat vital. Masyarakat Wonogiri dan Sukoharjo bagian barat yang wilayahnya terpisahkan sungai kalau ke Nguter lewatnya situ. Masyarakat kerap ke Nguter karena di Nguter ada pasar yang menjadi pusat perekonomian,” kata Suparno.

Lantaran lalu lintas semakin ramai warga membuat jembatan dari papan di lokasi. Seiring perkembangan zaman jembatan diganti bangunan yang lebih kuat menggunakan konstruksi beton. Kini jembatan menggunakan konstruksi baja. Berkembangnya teknologi alat transportasi menuntut dibangunnya jembatan penghubung Wonogiri-Sukoharjo yang lebih besar. Kemudian pemerintah membangun jembatan besar di sisi lain pada 1979. Kini jalan di lokasi tersebut menjadi jalan utama Sukoharjo-Wonogiri.

Source http://soloraya.solopos.com/ http://soloraya.solopos.com/read/20170413/495/809543/asal-usul-asale-nambangan-wonogiri-persembahan-untuk-para-penambang

Leave A Reply

Your email address will not be published.