Asal Usul Desa Kesongo

0 170

Asal Usul Desa Kesongo

Tertulis cerita daerah pedesaan yang subur, tumbuhan yang menghijau, di atas tanah yang datar di tumbuhi pohon dan semak yang masih lebat, datanglah seorang pendatang dari Singosari singgah di desa yang belum punya nama itu, karena orang tersebut ingin berdomisili didesa itu maka dia ingin memberi nama desa tersebut, selanjutnya orang tersebut jalan-jalan mengelilingi desa menemukan sembilan mata air maka orang tersebut terinspirasi menamai desa tersebut DESA KESONGO, selanjutnya orang tersebut pergi lagi mau menjemput anak dan istrinya diajak tinggal di desa Kesongo.

Lama kelamaan desa itu ramai banyak penghuninya dan dia diangkat oleh warga desa menjadi Demang pertama. Maka  hiduplah sekelompok masyarakat rukun dan damai meskipun penduduk penduduk masih dalam kehidupan primitif. Dia menjadi demang selama kurang lebih 45 tahun. Sembilan mata air tersebut sampai sekarang masih ada, dan masyarakat menyebutnya dengan sebutan TOK SONGO. Dan mata air tersebut bermanfa’at bagi masyarakat Kesongo yang terutama bagi masarakat yang disebelah barat mata air.

Desa Kesongo, lama-kelamaan menjadi ramai dengan adanya pendatang yang ingin menetap dan tinggal di desa itu. Desa Kesongo terletak di sebalah timur Rawa Pening. Dan desa Kesongo adalah desa perbatasan antara Kabupaten Semarang dengan Kota Madya Salatiga. Dengan demikian desa Kesongo diera modern ini menjadi desa yang ramai dan tentram.

Source Asal Usul Desa Kesongo Desa Kesongo
Comments
Loading...