Asal Usul Desa Godong Grobogan

0 59

Asal Usul Desa Godong Grobogan

Godong adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Grobogan, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Desa/Kecamatan Godong menjadi kecamatan dengan jumlah desa terbanyak di Grobogan. Total terdapat 28 desa yang masuk dalam wilayah pemerintahan Kecamatan Godong.

Asal Usul Desa Godong Grobogan

Berdasarkan Data Rupabumi Wilayah Administrasi Desa-Kelurahan Kabupaten Grobogan Tahun 2012 dapat diketahui, Penamaan Godong sudah ada sejak abad ke 18 Masehi. Ketika itu kekuasaan terbesar nusantara berada dalam pimpinan Kerajaan Majapahit.

Pada suatu Pasowanan Kerajaan Majapahit terdapat salah satu Adipati yang tak hadir. Karena ketidakhadirannya, sang raja mengutus dua putrinya yang bernama Mayangsari dan Mekarsari untuk menemui Adipati tersebut. Selama perjalanan, kedua putri sang raja dikawal seorang Cantrik dan Kamdowo. Namun perjalanan mereka tak berjalan mulus. Di tengah perjalanan, sang cantrik justru menaruh hati pada kedua putri tersebut. Mereka dipaksa untuk menikahi sang cantrik.

Sayangnya, cinta Cantrik kepada kedua putri kerajaan bertepuk sebelah tangan. Mayangsari dan Mekarsari menolak menikah dengan Cantrik. Keduanya memilih bunuh diri dan akhirnya dimakamkan di bawah pohon yang berdaun rimbun atau dalam bahasa jawa disebeut Wi Godong Ketel. Akibat peristiwa tersebut, wilayah pemakaman Mayangsari dan Mekarsari dinamakan Godong atau yang sekarang dikenal dengan Kecamatan Godong.

Kendati terbentuknya nama Desa Godong berhubungan dengan pemakaman dua orang putri, namun saat ini dua makam tersebut belum jelas lokasinya. Tentu semua itu butuh kajian dan penelitian lebih mendalam dari para ahli. 

Source https://betulcerita.blogspot.com/ https://betulcerita.blogspot.com/2015/02/asal-usul-desa-godong-grobogan.html
Comments
Loading...