Asal Usul Desa Gedangan Sukoharjo

0 123

Asale Gedangan Sukoharjo

Asal usul Desa Gedangan yang terletak di kawasan Solo Baru, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo, tak lepas dari sejarah Keraton Solo. Saat Keraton Solo dipimpin oleh Paku Buwono (PB) X, kerabat keraton kerap mencari tanah subur. Ketika itu, wilayah Desa Gedangan masih berupa hutan dan hamparan tanah yang ditumbuhi semak belukar. Belum ada masyarakat yang mendirikan rumah di Desa Gedangan lantaran wilayah itu hanya ditumbuhi pohon-pohon tinggi dan besar. Salah satu kerabat Keraton Solo melewati hutan itu hendak mencari tanah subur.

Rombongan kerabat keraton berjalan kaki selama berhari-hari melewati hutan dan perbukitan. “Konon, nama Desa Gedangan berasal dari dangan dalam Bahasa Jawa yang berarti sembuh atau sehat jasmani dan rohani,” kata sesepuh Desa Gedangan. Sutrisno melanjutkan rombongan keraton dikisahkan berjalan kaki menuju arah selatan atau Sukoharjo. Sesekali mereka beristirahat untuk melepas lelah dan menyantap bekal makanan dan minuman.

Lantaran berjalan kaki tanpa henti, anggota rombongan kerabat Keraton Solo didera kelelahan fisik. Beberapa anggota rombongan jatuh sakit lantaran fisiknya terkuras lantaran menempuh perjalanan jauh dengan berjalan kaki. Rombongan itu akhirnya beristirahat di tanah lapang yang dikelilingi pohon rindang. Anggota rombongan yang sakit berteduh dari sengatan sinar matahari di bawah pohon. Mereka beristirahat sambil melahap bekal makanan yang dibawa.

“Mereka tertidur di bawah pohon lantaran fisiknya terkuras dan menderita sakit. Cukup lama tidur di bawah pohon,” papar Sutrisno. Setelah bangun tidur, kondisi badan rombongan kerabat Keraton Solo kembali segar bugar. Anggota rombongan yang menderita sakit kembali sehat dan bisa melanjutkan perjalanan jauh. Mereka merasa nyaman dengan lokasi yang dikelilingi pohon rindang itu.

Saking nyamannya, sebagian rombongan kerabat Keraton Solo enggan melanjutkan perjalanan untuk mencari tanah yang subur. Mereka menetap di wilayah itu dengan membangun rumah dan berkeluarga di lokasi itu. “Lambat laun jumlah masyarakat yang membangun rumah di lokasi itu bertambah banyak. Mereka membuka lahan pertanian dan berkebun untuk menyambung hidup,” papar dia.

Dia mengatakan, kepala desa (kades) Gedangan pertama hingga ketiga diketahui mempunyai silsilah keluarga keturunan kerabat Keraton Solo. Bisa jadi, mereka keturunan anggota rombongan kerabat Keraton Solo yang enggan melanjutkan perjalanan dan memilih menetap di tanah lapang yang dikelilingi pohon rindang.

Source http://m.semarangpos.com/ http://m.semarangpos.com/2017/04/06/asal-usul-asale-gedangan-sukoharjo-dari-kata-dangan-atau-sehat-807789
Comments
Loading...