Asal Usul Desa Gajahan, Karanganyar

0 12

Asal Usul Desa Gajahan, Karanganyar

Desa Gajahan, Kecamatan Colomadu, Karanganyar, seperti sebagian wilayah lainnya di Soloraya juga memiliki sejarah terkait dengan namanya. Masyarakat setempat percaya penamaan Desa Gajahan ada kaitannya dengan hewan gajah.

Salah seorang penggawa desa setempat, Zainudin, yang ditemui di kediamannya, mengatakan di ujung selatan Desa Gajahan ada makam tua yang diyakini sebagai cikal bakal permakaman pertama di Desa Gajahan disebut Makam Gedong. Disebut Makam Gedong karena makam itu dikelilingi pagar tembok keliling yang oleh warga setempat disebut gedong.

Di makam tersebut dulu terdapat pohon tanjung yang besar. Saking besarnya, dibutuhkan tiga orang dewasa yang merentangkan kedua tangan mereka mengelilingi diameter pohon itu. Menurut cerita orang tua dulu, kata Zainudin, pohon itu untuk nyencang atau menambatkan hewan gajah milik Keraton Kartasura.

Selain itu di Kali Kepu yang ada di desa tersebut juga terdapat batu besar yang oleh warga sekitar disebut Watu Gajah. Batu itu terletak di pleret atu bendungan air Kali Kepu. Sejumlah warga setempat mempercayai batu tersebut dulu juga untuk nyencang gajah.

Diduga atas dasar itulah desa yang di sebelah timur berbatasan dengan Desa Gonilan, Kartasura, Sukoharjo, ini dinamakan Desa Gajahan. “Keterangan itu semua saya dapat dari para orang tua yang dulu pernah saya dengar. Kalau mencari kebenaran secara pasti mungkin perlu ada survei mendalam,” kata dia. Sementara itu, warga tertua di Desa Gajahan, Suratman, 85, membenarkan Makam Gedong merupakan makam tertua di Gajahan. Laki-laki sepuh ini masih ingat cerita dari para orang tua yang menyebut di permakaman tersebut terdapat makam abdi dalem Keraton Kartasura.

Source http://www.jatengpos.com/ http://www.jatengpos.com/2018/03/asal-usul-desa-gajahan-dipercaya-sebagai-tempat-nyencang-gajah-keraton-kartasura-899998

Leave A Reply

Your email address will not be published.