Asal Usul: Desa Anggrasmanis Berdiri pada Selasa Legi

0 55

Asal Usul: Desa Anggrasmanis Berdiri pada Selasa Legi

Anggrasmanis merupakan nama salah satu desa yang ada di Kecamatan Jenawi, Karanganyar. Lokasinya berada di lereng Gunung Lawu. Konon nama Anggrasmanis sendiri diambil dari hari jadinya. Menurut Sekretaris Desa Anggrasmanis, Sutarno, masyarakat Anggrasmanis percaya desanya berdiri pada hari Selasa Legi. Hal itu tecermin dari nama desa itu sendiri, Anggrasmanis.

Selasa, dalam budaya Jawa dikenal juga dengan istilah anggoro. Sedangkan legi adalah nama pasaran Jawa. Legi artinya manis. Jika disatukan menjadi Anggoro Manis, Kemudian menjadi Anggrasmanis. Untuk diketahui, lokasi Desa Anggrasmanis berada di ujung tenggara Kecamatan Jenawi. Di sisi timur, wilayahnya berbatasan langsung dengan Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Sedangkan di sebelah selatan berbatasan dengan Desa Gumeng, Jenawi. Di sebelah barat berbatasan dengan Desa Jenawi, Jenawi. Sedangkan di sebelah utara berbatasan dengan Desa Sidomukti, Jenawi.

Hingga saat ini setiap tahunnya, tepat di hari Selasa Legi selalu dilakukan perayaan di Anggrasmanis. Salah satunya dengan penyelenggaraan pasar tintir. Kegitan itu berupa pasar malam yang digelar di sepanjang jalan kampung dan hanya memanfaatkan tintir [obor] sebagai penerangannya. Barang-barang yang dijual di pasar tintir, kata dia, adalah makanan tradisional, seperti tiwul, nasi jagung, getuk dan sebagainya.

Masyarakat di Anggrasmanis selama ini telah berupaya menggali segala potensi yang ada di desa tersebut. Salah satu potensi wilayah tersebut adalah sebagai penghasil pisang. Bahkan saat ini masyarakat telah membuat pembibitan pisang secara serentak yang dimulai dari dusun Tempel. Di Anggrasmanis juga sedang digalakkan produksi makanan olahan pisang. Diharapkan potensi tersebut dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat dan mampu menarik perhatian masyarakat luas. Saat ini makanan olahan yang sudah dikembangkan adalah dodol pisang, keripik pisang, selai pisang, dan abon dari bonggol pisang. 

Source http://soloraya.solopos.com/ http://soloraya.solopos.com/read/20150615/494/614574/asal-usul-desa-anggrasmanis-berdiri-pada-selasa-legi
Comments
Loading...