Asal-usul dan Mitos Pantai Kutang Lamongan

0 164

Asal-usul dan Mitos Pantai Kutang Lamongan

Wilayah Pantai Utara Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, ternyata menyimpan “surga tersembunyi”. Lokasi tepatnya di Dusun Kentong, Desa Labuhan Kecamatan Brondong, ada sebuah pantai yang memiliki nama unik yaitu Pantai Kutang. Mendengar nama “Kutang” yang dalam bahasa Jawa adalah pakaian dalam perempuan, atau biasa disebut Bra atau BH memang terkesan tabu. Namun, Kutang justru dipakai untuk menamai sebuah Pantai di daerah pesisir pantai utara (pantura) Kota Lamongan.

Pantai berpasir putih yang berada di tengah hutan mangrove ini terbilang masih baru dan hanya sebagian orang yang mengenalnya. Dan baru beberapa waktu belakangan pantai ini banyak diperbincangkan dan ramai dikunjungi wisatawan karena keunikan namanya. Menurut warga sekitar, dahulunya Pantai Kutang ini memiliki nama Pantai Pasisir. Namun, sejak lima tahun terakhir, pantai tersebut berubah nama menjadi Pantai Kutang.

Menurut warga sekitar, Marzuki “Pantai ini diberi nama Pantai Kutang karena jika dilihat dari atas, bentuk pantai ini persis seperti Kutang”.

Lebih lanjut, Ia menuturkan, pantai ini diberi nama Pantai Kutang karena beberapa tahun silam, warga sekitar beberapa kali menemukan Kutang berserakan, diantara akar-akar mangrove di pantai ini.

“Warga menduga pakaian itu merupakan pakaian yang tertinggal disini, ada juga yang menduga Kutang yang ada disela-sela pohon itu minggir ke sini karena terbawa ombak,” ujarnya.

Marjuki menambahkan, sebagian orang juga percaya apabila ada laki-laki atau perempuan yang masih melajang jika menggantungkan Kutsng di pohon mangrove di pantai ini, akan segera mendapatkan jodoh. “Mitosnya begitu, makanya ada Kutang yang digantung di pohon kan,” tuturnya.

Namun pendapat-pendapat tesebut dibantah oleh Kepala Dusun Kentong, Labuhan Sumiaji. “Tidak pernah terjadi hal-hal semacam itu di sini. Dan mitos-mitos seperti itu juga tidak ada di tempat ini,” ucapnya menegaskan.

Menurut Pak ji, warga sekitar hanya asal-asalan saja mengubah nama Pantai Pasisir menjadi Pantai Kutang. “Tapi karena keunikan dari nama itulah Pantai Kutang jadi dikenal oleh masyarakat luas, sehingga banyak orang berdatangan untuk melihat Wisata Pantai Kutang karena penasaran”.

Sebenarnya, sambungnya, ada yang pernah mengusulkan nama Pantai Kutang diubah menjadi Pantai Ku. “Tapi kan tidak semudah itu, karena yang membuat pantai ini terkenal dan didatangi banyak pengunjung adalah karena nama Pantai Kutangnya yang unik,” ujarnya menjelaskan.

Tak hanya keunikan namanya, Pantai Kutang juga memiliki keunikan dari struktur pasir dan mangrove-nya. “Umumnya daerah sekeliling hutan mangrove itu kan berupa lumpur, tapi disini malah hamparan pasir putih di tengah-tengah hutan mangrove,” tuturnya menambahkan.

Source Asal-usul dan Mitos Pantai Kutang Lamongan Times Indonesia
Comments
Loading...