Asal Usul Berdirinya Mojokerto

0 105

Asal Usul Berdirinya Mojokerto

Mojokerto pada zaman dahulu merupakan pusat dari pemerintahan Kerajaan Majapahit. Lokasi dari kerajaan Majapahit sendiri diperkirakan sekitar 10 km dari letak Mojokerto sekarang. Perkiraan ini diambil karena banyaknya peninggalan-peninggalan kerajaan Majapahit seperti candi, umpak-umpak, gapura, saluran air, dan sebagainya.

Masa kejayaan Majapahit merupakan periode yang sangat mengesankan dalam sejarah Indonesia. Alasannya adalah karena pada masa ini Majapahit menjadi kerajaan yang paling besar dan mempunyai pengaruh yang begitu luar biasa. Tak hanya di nusantara, di luar negeri pun nama kerajaan Majapahit ini dikenal. Mojokerto yang memiliki banyak peninggalan bersejarah dari kerajaan Majapahit ini sering dikait-kaitkan dengan kerajaan tersebut. Hari jadi Mojokerto pun berkaitan dengan Majapahit. Konon, hari jadi Mojokerto yaitu tanggal 9 Mei merupakan hari saat Raden Wijaya mengatur strategi dalam perlawanannya melawan pasukan Tar-Tar.

Kemenangan dalam perlawanan tersebut menjadi titik awal dari kemenangan militer juga diplomatic yang dilakukan Raden Wijaya. Menurut Tarikh Masehi, kejadian ini ada pada tanggal 9 Mei tahun 1293. Dari sinilah kemudian tanggal tersebut dijadikan hari jadi Mojokerto dan diperingati hingga saat ini.

Seiring dengan berjalannya waktu setelah Majapahit runtuh, kemudian kolonial Belanda membuat bentuk kota ini berubah. Meski beberapa insfrastruktur dibangun oleh warga kolonial tersebut, nyatanya Mojokerto tetap berbeda dengan kota lain seperti Surabaya atau Malang yang berkembang dengan baik. Mojokerto tetap saja menjadi kota kecil. Mojokerto memiliki perjalanan yang cukup panjang hingga akhirnya menjadi sebuah kotamadya.

Source Asal Usul Berdirinya Mojokerto Cerita Sejarah
Comments
Loading...