Asal Mula Tari Orek-Orek Ngawi

0 173

Asal Mula Tari Orek-Orek

Tari Orek-Orek merupakan salah satu tari tradisional Indonesia yang berasal dari Ngawi, Jawa Timur. Tarian ini biasanya dilakukan ketika diadakan perhelatan atau acara Pemerintah Daerah. Tari Orek-Orek berisi gerakan-gerakan dinamis yang dilakukan oleh sepasang pemuda-pemudi berjumlah empat sampai sepuluh orang.

Tari Orek-orek biasa dilakukan dengan diiringi tabuhan gamelan laras slendro yang cara memukulnya salah satunya adalah dikorek. Paduan suara dari bonang barung, saron penerus, kendang, kempul, gong, keprak/kecrek, serta drumb menghasilkan harmoni yang selaras dengan tarian ini.

Menurut beberapa sumber, Tari Orek-Orek menggambarkan sukacita masyarakat setelah lelah bekerja. Di zaman kolonial, rakyat Ngawi dipaksa melakukan kerja rodi dengan membangun jembatan dari Anyer sampai Panarukan. Selain itu, para pemuda dari daerah lain juga ikut andil dalam pekerjaan ini di Ngawi. Selepas bekerja, diadakanlah pertunjukan semacam ludruk dan ketoprak. Saat itu masyarakat dengan antusias menari bersama.

Pada zaman itu, Orek-Orek belum tercipta. Bangsa Belanda mengatakan bahwa perayaan mereka terlihat morak-marik. Mungkin hal ini dikarenakan para pekerja berasal dari berbagai macam daerah, sehingga tarian mereka juga memiliki keunikan masing-masing. Dari kata “morak-marik” ini, lalu bergantilah menjadi “morat-marit” dan kemudian banyak yang mengatakannya sebagai “orek-orek”.

Kejadian tersebut menginspirasi Ibu Sri Widajati untuk mencetuskan Tari Orek-Orek pada tahun 1980-an. Gerakan yang ada pada tarian ini didapat dari pengamatan Ibu Sri Widajati yang senang mengamati kesenian daerah semasa kecilnya. Terciptalah sebuah tarian sederhana dengan gerakan dinamis yang kemudian segera menyebar di seluruh penjuru Ngawi.

Bahkan pada tanggal 31 Agustus 2014, Tari Orek-Orek Ngawi berhasil mencatat rekor MURI dengan mengerahkan 15.000 penari dari kalangan pelajar SD hingga SMA untuk menari bersama di Alun-Alun Merdeka Kabupaten Ngawi. Hingga saat ini, pelestarian tarian tradisional Tari Orek-Orek masih dikembangkan.

Source https://budaya-indonesia.org https://budaya-indonesia.org/Tari-Orek-Orek-1/
Comments
Loading...