Asal Mula Tarawangsa

0 27

Asal Mula Tarawangsa

Tarawangsa merupakan salah satu jenis kesenian rakyat yang ada di Jawa Barat. Istilah “Tarawangsa” sendiri memiliki dua pengertian:

(1) alat musik gesek yang memiliki dua dawai yang terbuat dari kawat baja atau besi dan,

(2) nama dari salah satu jenis musik tradisional Sunda. Belum ada sumber tertulis atau bukti yang pasti mengenai sejak kapan alat musik tarawangsa muncul di Tanah Sunda. Namun, setidaknya diuntungkan oleh sejumlah cerita rakyat yang sampai kepada kita tentang asal mula tarawangsa. Tradisi lisan masyarakat Rancakalong (Sumedang) adalah salah satunya. Menurut “dongeng” masayarakat Rancakalong, seni tarawangsa konon telah ada pada abad ke-8 atau ke-9 Masehi, yaitu saat bumi jawa masih berdiri Kerajaan Mataram Kuno (Medang).

Tarawangsa yang dimaikan saat perayaan panen pada masa lalu diperuntukkan pada Sanghyang Pohaci Sri (Dewi Sri, makhluk langit penguasa padi). Prosesi tarawangsa dipimpin saehu (sesepuh adat), dengan sepasang patung perwujudan Aki Balangantrang dan Nini Pohaci yang wajib dihadirkan.

Dalam perayaannya, para penari yang terdiri atas sejumlah lelaki dan perempuan dengan diiringi ensemble tarawangsa dan jentreng, mereka menari dengan pola tak beraturan, karena menari dengan iringan tarawangsa ini tidak menuntut tarian dengan pola atau gerakan tertentu. Pada beberapa kasus, bahkan orang yang menari dipercaya telah dimasuki roh lain.

Source http://www.wacana.co/ http://www.wacana.co/2013/02/tarawangsa-alat-musik-dari-tatar-parahyangan/

Leave A Reply

Your email address will not be published.