budayajawa.id

Asal Mula Kota Cimahi

0 49

Nama Cimahi pada sisi bahasa memiliki dua arti suku kata, yakni Cai dan Mahi Cai artinya air dan Mahi berarti cukup.kemudian dua kata itu disatukan dan disingkat menjadi Cimahi yang berarti air yang cukup. Karena memang daerah ini melimpah dicirikan dengan banyaknya sumber mata air diantaranya mata air ciawitali, mata air ciuyah, mata air cisidah, mata air cikahuripan, mata air cibolang, mata air cisalak, dan mata air cikorobokan.

Cimahi juga memiliki sungai besar yang mengalir dari wilayah utara ke selatan yakni aliran sungai kali Cimahi dan sungai wilayah Cibeureum. Nama Cimahi mulai dikenal ketika pembangunan Groote Postweg atau jalan raya pos pada jaman pemerintahan Gubernur Jendral Belanda Daendles dengan proyek jalan 1000 Km Anyer Panarukan yang mengatakan bahwa Cimahi adalah bagian dari proyek pada masa itu.

Namun lanjut ia, nama Cimahi sudah ada sebelum pembangunan Groote Postweg. Mahmud mengkritisi penggunaan nama Cimahi dari sumber arsip Belanda Abraham von Riebick yang terkutip sejarawan Prof Nina Lubis dalam buku sejarah Cimahipada edisi pertama dan revisi. Pada arsip itu disebutkan bahwa 17 september 1709 Von Riebeck melkukan perjalanan ke sebelah selatan batavia dan menemukan sebuah sungai yang bernama Tsjimakij. Lalu pada isi buku sejarah tersebut nama sungai Tsimakij diintepretasikan sebagai nama Cimahi oleh sejarawan arsiparis Belanda.

Memang benar bahwa nama Tsjimakij itu identik dan dintepretasikan sebagai Cimahi. Tetapi Tjimahi yang dimaksud Van Riebeck bukanlah Tjimahi wilayah dekat Bandung melainkan Tjimahi yang ada di wilayah Sukabumi, ini jelas berdeda arah, kesimpulannya kita belum mendapati data yang valid sejak kapan nama Tjimahi tertulis dalam arsip Belanda.

Dalam penelusuran Komunitas Heritage di dalam buku F de Haam pada peta Preanger kami menemukan kabupaten Batoelajang atau bataulayang yang sudah tertera nama Tjimahi, apabila kita mengacu pada kabupaten yang dimaksud Batulayang bisa jadi merupakan asal usul Kabupaten Bandung yang telah ada sejak pertengahan abad 16 yakni  tahun 1641, artinya ini menunjukan nama Tjimahi sudah disebut-sebut dan ada sebelum tahun 1641.

Source http://www.rmoljabar.com/read/2017/04/07/39831/Ini-Asal-Mula-Kota-Cimahi- http://www.rmoljabar.com
Comments
Loading...