Asal Mula Keroncong Tugu Kampung Tugu Betawi

0 130

Asal Mula Keroncong Tugu

Keroncong Tugu adalah salah satu peninggalan penjajahan Portugis yang kita ketahui. Saat ini, keberadaanya agak sulit untuk ditemukan karena sedikitnya jumlah orang yang melestarikan kegiatan musik ini. Keroncong Tugu pertama kali dimainkan oleh para pendatang yang berkebangsaan Portugis. Pada saat itu, orang-orang yang berasal dari Portugis yang berada disekitaran Kampung Tugu dalam keadaan dikucilkan oleh Pemerintah Hindia Belanda. Oleh karena itu, mereka menghibur diri dengan cara salah satunya yaitu membentuk kelompok musik yang diberi nama Keroncong Tugu.

Keroncong Tugu pada awalnya dibentuk pada tahun 1661. Pada awalnya Keroncong Tugu memiliki nama asli Orkes Poesaka Keroncong Moresco Toegoe, Anno 1661. Keroncong Tugu merupakan orkes khas yang berasal dari Kampung Tugu.

Keroncong Tugu diambil dari nama sebuah kampung yang ada di Jakarta. Kampung tersebut bernama Tugu. Kampung Tugu terletak di sisi Jalan Cakung Cilincing tepatnya di Jalan Raya Tugu, Kelurahan Semper Barat, Kecamatan Cilincing. Di daerah Kampung Tugu pula banyak bermukim keturunan Portugis yang sudah menjadi bagian dari Warga Betawi. Di tempat ini juga, Musik Keroncong bermula hingga terkenal ke mancanegara.

Lagu yang dimainkan oleh Keroncong Tugu adalah lagu-lagu yang berbahasa Portugis, Belanda, dan Betawi. Salah satu lagu peninggalan yang sering dimainkan oleh Keroncong Tugu adalah lagu ‘Nina Bobo’ (dalam Bahasa Portugis) yang saat ini kita kenal lagu ‘Nina Bobo’ (dalam Bahasa Indonesia).

Source https://budaya-indonesia.or https://budaya-indonesia.org/Asal-Mula-Keroncong-Tugu/
Comments
Loading...