Asal Mula Desa Arjasa Kangean

0 52

Asal Mula Desa Arjasa Kangean

Dahulu kala ditemukan sebuah pulau yang terletak di belahan timur kabupaten sumenep, Yang kini dikenal dengan pulau “KANGEAN “. Oleh raja sumenep, pulau ini dijadikan tempat orang-orang yang mendapatkan hukuman berat karena kesalahan yang sangat besar. Tempat ini juga merupakan tempat  para perompak pada zaman dahulu kala. Tidak hanya perompak, namun para bajak laut dan preman-preman yang mendiami pulau tersebut pada waktu itu.

Orang-orang ketika itu menyebutnya dengan pulau kangean karena ketika air laut pasang, pulau itu tidak akan tampak dari kejauhan. Tetapi ketika air surut, Pulau ini akan tampak seperti muncul kepermukaan. Banyak versi yang menyatakan filosofi mengenai pulau ini, diantaranya seperti yang akan dipaparkan untuk selanjutnya. Pulau kangean ini beribukota “Arjasa”, Kota Arjasa sebagai kota kecamatan di pulau kangean.  Nama “Arjasa” yang menjadi nama kecamatan dan desa pada masa kini yang terletak di pulau kangean ini, desa yang menjadi pusat pemerintahan di pulau kangean tersebut, dikarenakan letaknya berada ditengah-tengah pulau kangean.

Konon juga diceritakan Bahwa Pulau Kangean itu ialah hanya sebuah hutan, sehingga suatu sa’at datang seorang putri dari kerajaan madura yang bernama putri koneng, Putri koneng tersebut mendatangi kangean dengan berlayar, Tujuannya pergi kesana karena ketika itu putri koneng tengah dimabuk cinta pada seorang sosok joko tole. Namun ayahnya (Raden fatahillah) tidak merestui hubungan mereka berdua, suatu kesedihan yang sangat melukai perasaannya sehingga dia berniat untuk meninggalkan kerajaan kemudian tinggal dipulau kangean tersebut.
Berita kepergian putri koneng didengar oleh joko tole dan akhirnya dia berusaha untuk mencari dimana keberadaan putri koneng, dia mencari dan terus mencari dimana keberadaan potre koneng tanpa henti dengan gigihnya dan tidak pernah menyerah. Dia menyusuri keseluruh tempat-tempat, Joko tole mencarinya hingga ke pulau kangean tersebut namun belum ada hasil yang pasti, Dia menyusuri seluruh pelosok pulau kangean tanpa hentinya, namun putri koneng belum juga ditemukan.
Di sisi lain, Ketika itu putri koneng tengah bertapa disebuah Gua yang kini dikenal dengan Gua koneng. Gua itu dinamakan gua koneng dikarenakan gua itu menjadi tempat pertapaan putri koneng menurut kepercayaan warga yang berada di sekitar gua itu. Setelah beberapa lamanya, putri koneng menetap digua tersebut. Rasa jenuh dan bosan pun menghampiri potre koneng, Akhirnya putri koneng berkeinginan untuk mencari udara segar, putri koneng pergi kesebuah desa. Dan akhirnya tanpa dia sadari ketika itu joko tole menemukan keberadaan putri koneng.
Kemudian desa itu dinamakan desa arjasa karena desa itu telah berjasa mempertemukan joko tole dengan putri koneng. Dari berbagai cerita yang sudah dipaparkan diatas,  berikut hanyalah sebatas pemikiran-pemikiran cerita beserta sejarah-sejarah dari orang-orang yang terdahulu. Dimana belum ada fakta yang konkrit, hanya sebatas cerita demi cerita dari orang-orang terdahulu. Sekian, Mudah-mudahan cerita ini akan selalu diingat oleh masyarakat yang menempati desa tersebut, khususnya saya yang menjadi salah satu penduduk disana.
Source http://journalmadura.blogspot.com/ http://journalmadura.blogspot.com/2015/12/asal-mula-desa-arjasa-kangean.html
Comments
Loading...