Asal Muasal Kesenian Ujungan Betawi

0 32

Kesenian ujungan sudah dikenal oleh masyarakat Bekasi sejak awal abad 19 M. Kesenian ujungan adalah kesenian adu kekuatan kaki, pertunjukannya menggunakan dua batang Rotan yg panjangnya sekitar satu meter yang lingkaran rotannya berdiameter tiga sampai ampat senti meter. Dua batang Rotan ini dipegang oleh dua orang pemain ujungan lalu rotan tsb digunakan untuk menggebukan kaki lawannya dlm pertandingan ujungan tersebut. permainan ujungan ini dipimpin oleh seorang Wasit yg disebut Bobotoh. Saat pertandingan ujungan diiringi dgn alat musik yg terbuat dari enam bilah papan kayu sengon, mirip seperti alat musik Gambang alat musik tersebut disebutnya Samyong.

Sebetulnya kesenian ujungan tersebut berasal dari kali mantan. Dan berkembang dibekasi sejak awal abad ke 19 M. Kata ujungan berasal dari kata unjungan atau  kunjungan, kata unjungan atau kata kunjungan dari bahasa melayu kalimantan. Dalam dialek melayu kalimantan kunjungan atau unjungan  sama dengan tontonan kemudian kata kunjungan ber asimilasi kedalam dialek betawi menjadi ujungan.

Source http://toemaritis15.blogspot.co.id/2016/11/asal-muasal-kesenian-ujungan-betawi.html http://toemaritis15.blogspot.co.id

Leave A Reply

Your email address will not be published.