Angklung Sered Tasikmalaya

0 160

Angklung Sered

Angklung Sered adalah seni tradisional yang berasal dari Kabupaten Tasikmalaya tepatnya di Desa Balandongan, Kecamatan Salawu Kabupaten Tasikmalaya. Keberadaan seni tradisional ini sudah sangatlah mengkhawatirkan, banyak anak muda zaman sekarang yang lebih mengenal budaya orang lain dibandingkan budayanya sendiri. Karena itu lah Angklung Sered mengalami perubahan makna.

Angklung Sered dikenal pada masa penjajahan Belanda tepatnya di tahun 1908. Awalnya Angklung Sered digunakan sebagai sarana adu kekuatan antar jawara yang akan memperebutkan daerah kekuasaan. Namun seiring waktu, Angklung Sered digunakan untuk sarana hiburan masyarakat seperti, menyambut tamu – tamu kehormatan atau hajat pernikahan.

Untuk mempermainkan Angklung Sered diperlukan dua kelompok yang masing masing terdiri dari 10 orang atau lebih. Setiap kelompok membentuk formasi seperti ular memanjang dan setiap anggota kelompok saling berpegangan pinggang satu sama lain kecuali anggota yang berada di paling awal. Orang yang berada di paling awal disebut hulu (pemimpin) sedangkan orang yang berada di paling akhir dinamakan buntut (ekor). Kedua kelompok itu akan saling dorong dan biasanya yang berbenturan fisik adalah pemimpin kelompok yang dibantu oleh anggotanya dengan tidak berhenti memainkan angklung sampai akhirnya salah satu pemimpin kelompok terlepas dari pegangan anggota lainya, maka kelompok itu lah yang mengalami kekalahan.

Source https://budaya-indonesia.org https://budaya-indonesia.org/Angklung-Sered/
Comments
Loading...