Angklung Paglak Kesenian Khas Banyuwangi

0 269

Angklung Paglak Kesenian Khas Banyuwangi

Angklung Paglak berasal dari Desa Kemire, Kecamatan Glagah ini memang sudah menjadi kesenian musik yang mendarah daging bagi suku Osing khususnya yang berasal dari Desa Kemiren. Asal usul nama angklung paglak juga mempunyai sejarah sendiri. Angklung Paglak dimainkan ketika sedang paneh, ketikan paneh masyarakat desa kemiren mempunya budaya gotong-royong, jadi ketika ada yang panen para saudara dan teman guyub-guyub membantu sang tuan tanah yang sedang panen, Nah, untuk memberikan hiburan kepada orang-orang yang sedang membantu proses panen sang tuan tanan memberikan hiburan angklung yang dimainkan di paglak. Paglak sendiri merupakan bangunan dengan tinggi antara 7-10 meter, serta di atasnya terdapat plonco (tempat duduk) dengan luas 1,5×2 meter. Sementara itu untuk atapnya terbuat dari anyaman bambu yang disebut welit.

Alat musik angklung paglak biasanya dimainkan oleh 4 orang, terdiri dari 2 pemain angklung dan 2 pemain gendang. Yang lebih unik lagi angklung paglak juga dimainkan di pagklak yang tinggi. Ketika dimintai pendapat tentang ketinggian memainkan alat musik khas Banyuwangi ini, pemain paglak merasa tidak takut dengan ketinggian ketika memainkannya, mereka bahkan menyatakan semakin tinggi tempat memainkan angklung mereka semakin asik. Sejatinya angklung paglak selain untuk hiburan bagi para pekerja yang sedang memaneh di sawah permainan musik ini juga merupakan wujud sykur kepada Dewi Sri yang dipercaya warga sekitar agar panen selalu melimpah.

Pada masa sekarang alat musik paglak tidak hanya dimainkan di sawah ketikan panen. banyak acara – acara desa seperti khitanan, hajatan pernikahan, atau hanya tontonan desa banyak orang mengundang musisi paglak. sebagai generasi muda sebaiknya kita menjaga tradisi agar tidak punah. Salah satunya tidak hanya menikmati musik modern yang semakin marak, namun juga tetap menghargai musisi lokal sebagai karakter budaya asli Banyuwangi.

Source https://www.osingdeles.com/ https://www.osingdeles.com/mengenal-angklung-paglak-banyuwangi-yang-merupakan-kesenian-khas-banyuwangi/
Comments
Loading...