Filosofi Jawa : Bilangan 21 Hingga 29

0 372

Bilangan tidak hanya 1 hingga 10 saja tetapi setelah ada welasan atau 11 hingga 20 masih ada tingkatan lagi yaitu bilangan 21 hingga 29 dalam bahasa Jawa juga dinamakan berbeda dengan pola umum yang ada.

Dalam bahasa lain bilangan ini memiliki kesesuaian dengan pola. Contohnya dalam bahasa Indonesia diucapkan dua puluh satu, dua puluh dua, dan begitu seterusnya hingga dua puluh sembilan.

Dalam bahasa Jawa tidak demikian, angka ke 21 tidak disebut sebagai “rongpuluh siji’, 22 tidak disebut “rongpuluh loro”, dan lain sebagainya. Dalam bahasa Jawa biasanya ditulis :

-21 disebut SELIKUR sebutan ini hanya ada pada bahasa Jawa.

-22 disebut ROLIKUR, dan seterusnya hingga 29 yang disebut SONGGOLIKUR, kecuali angka 25 yang disebut sebagai SELAWE.

Makna yang bisa diambil dalam bahasa ini adalah bahwa pada usia ke 21-29 itulah manusia umumnya mendapatkan “Tempat duduk atau kedudukan”, pekerjaan, profesi yang akan ditekuni dalam kehidupannya sehari-hari.

Sementara pesan moral nya adalah bahwa kita harus tetap semangat dan giat bekerja demi masa depan yang cemerlang. Selain itu, kita harus bisa memilah mana urusan atau pekerjaan yang halal dan mana pula yang haram.

Itulah yang unik di dalam bahasa Jawa, bahasa ini memiliki yang khas dan berbeda dengan yang lainnya, oleh karena itu sebagai generasi unggulan bangsa nantinya juga harus bisa melestarikan bahasa Jawa.

Source Angka dan Bilangan 21 Hingga 29 Di Jawa perjalanan cinta
Comments
Loading...